Komparasi Lampu LED Lexi Dan LED MX Bahenol AromaRPM

AromaRPM – Kembali dengan persoalan penerangan lur, motor-motor baru saat ini kian lama kian meninggalkan teknologi jadul dan beralih ke teknologi modern. Salah satunya penggunaan lampu utama LED. Dalam lampu LED ada 2 yang di pakai untuk tolak ukur nya, yaitu Daya dalam satuan Watt dan Terang dalam satuan Lumens. Watt tinggi namun Lumens nya rendah cuma silau saja namun tidak terang. Jadi jika memilih lampu LED pilih yang Lumens nya tinggi.

Salah satunya Yamaha Lexi, anggap saja sama dengan spesifikasi lampu led Yamaha NMax, NMax lampu utama nya memakai LED, menurut informasi yang saya dapat NMax memakai daya 6 Watt x 3 buah namun untuk Lumens nya berapa saya belum ada informasi. Artinya, ada 3 lampu LED di lampu utama NMax dan Lexi yang terbagi menjadi 2 buah lampu dekat dan 1 buah lampu jauh yang jika di total jika menyala semua berdaya 18 Watt. Seperti apa terangnya saat nyala? seperti ini

Jika dalam foto saya bisa mengatakan Lumayan lur, dengan daya 12 Watt (lampu dekat) cahaya lampu utama Lexi terbilang cukup ( – ,minus), namun jika anda menaiki nya mungkin anda akan berkata lain. Kalo saya, OK di dalam foto terlihat lumayan, namun saat saya menaiki nya cahaya lampu cenderung kalah dengan lampu Halogen motor pada umumnya.

Jika tidak di komparasi dengan lampu motor lain sepertinya kurang layak, okelah saya komparasai dengan Jupiter MX Bahenol saya yang sudah upgrade dengan lampu LED merk CYT berdaya 35 watt dengan Lumens 2200 Lumens.

Berdaya 35 watt dibagi menjadi 20 watt untuk lampu dekat dan 15 watt lampu jauh. Untuk komparasi ini saya pakai semua lampu dekat, oke yaa.. semua pakai lampu dekat 12 watt vs 20 watt, karena jika memakai lampu jauh, sangat jauh sekali perbedaan nya, 18 Watt VS 35 Watt bukanlah hal yang pantas di bandingkan. Lampu LED beda 5 watt saja terangnya sangat berbeda apalagi jika 1 : 2. Oke jika lampu nya bersinar secara bersandingan seperti apa?? ini dia

Apa pendapat anda dengan foto di atas? Terang nya sama, sama-sama terang namun jika dilihat lagi lampu MX saya cahaya nya lebih pekat dan padat, okelah jika dikatakan itu karena lebih fokus, pengaruh dari reflektor, okelah monggo. Namun sebenarnya itu karena Lumens nya tinggi, jadi banyak nya cahaya yang di pancarkan juga tinggi, hal itu sangat berarti jika kita melewati kabut, lampu dengan Lumens tinggi tetap akan dapat menembus kabut, meskipun lampu nya putih.

Kesimpulannya, jika di nilai bagaimana?

Yamaha Lexi 12 Watt = 7

Yamaha MX Bahenol 20 Watt = 8

Untuk Yamaha Lexi cukup lumayan, dengan daya 12 Watt terangnya menyamai dengan lampu 20 Watt, namun sayangnya Yamaha tidak membekali Lampu 12 Watt itu dengan Lumens yang tinggi jadi pancaran lampu sering sekali hilang saat dalam kabut dan aspal basah dan hujan.

Oke luurr… sekian semoga bermanfaat..

Iklan

Tentang ki Salim

Bocah ingusan yang pengen ngeblog
Pos ini dipublikasikan di Dunia R2 dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Komparasi Lampu LED Lexi Dan LED MX Bahenol AromaRPM

  1. awansan berkata:

    setelah lihat perbandingannya jadi ngiler pasang LED CYT juga hehe

Comment tidak bayar kok.. Silahkan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s