Ngobrol NGACO, Seberapa Besar “Power” Vario 2018 Melawan Aerox 155

AromaRPM – Selamat gini hari luur…. sekedar obrolan ngaco saja ya lur untuk membangkitkan gairah nafsu menulis admin koplak ini. Berita di media telah santer tentang launching New Vario 2018 kemaren tanggal 16 April. Saya tidak akan membahas acara tersebut karena memang saya tidak ada kepentingan dan sudah banyak yang membahas nya.

Tapi saya akan sedikit ngobrol ngaco tentang seberapa besar “power” New Vario 2018 jika head to head langsung dengan Aerox 155. Seperti kita ketahui lawan NMax adalah PCX 150 jadi tidak mungkin jika New Vario kita benturkan ke NMax. Sebelumnya kita lihat tabel spesifikasi antar kedua metic ini dulu.

gambar pinjam dari cxrider

Dari tabel di atas hampir dari atas sampai bawah tidak ada perbedaan berarti, dari lampu yang semuanya led, speedo meter full digital dan bagasi luas semua sama, namun jika kita pilah memang ada perbedaan di sektor tenaga yang di hasilkan dan ban yang di gunakan.

Pertama – Aerox 155 menghasilkan tenaga 11.0 kW (14.9 PS) 8000 Rpm dan Vario 9.7 kW (13.1 PS) 8500 Rpm nampak perbedaan yang cukup banyak di sektor power dan di point tersebut aerox 155 VVA lebih bertenaga ketimbang Vario 2018, namun untuk torsi nya tidak terlalu banyak perbedaan, yaitu Vario 13.4 Nm 5000 rpm sedangkan Aerox 13.8 Nm 6250 rpm, meskipun lebih rendah 0.4 Nm torsi Vario dicapai di Rpm relatif lebih rendah.

Kedua – Penggunaan ban, AHM masih tampil pede dengan membekali mesin metic 150 cc nya dengan ban 90/80 depan dan 100/80 belakang, sedangkan Yamaha lebih yakin dengan ban besarnya 110/80 depan dan 140/70 belakang. AHM bisa memangkas harga dari ban dan velg sedangkan Yamaha terlihat kekar dan berotot, tinggal dari sisi mana kita memandang.

Ketiga – Penggunaan shock belakang, Yamaha Semakin pede dengan menggunakan double shock untuk belakang namun berbeda dengan Yamaha, AHM yang masih Aman karena menggunakan ban relatif lebih kecil di banding Aerox.

Dari poin ke 2 dan 3, seandainya AHM memberikan Ban dan Velg lebih besar seperti hal nya Aerox dan memberikan double shock, Vario akan lebih tampak gagah dan sporty. Namun saya rasa pertimbangan tersebut hanya dari segi konsumen, tapi jika di lihat dari produsen, pastilah mempengaruhi harga jual, segmentasi pasar dan sedikit banyak akan berimbas pada PCX 150. Karena Harga terendah untuk tipe Aerox 155 VVA adalah harga tipe tertinggi untuk Vario 150 2018 (berdasar launching kemarin).

So.. meminang tipe terendah Aerox 150 VVA dengan tampilah gagah dan sporty habis namun masih pegang kunci atau meminang Vario 150 2018 dengan desain baru namun kantongi kunci?? Saya rasa penjualan Aerox 155 VVA ke Depan tidak akan terlalu terganggu dengan kehadiran Vario 2018, sedangkan Penjualan Vario 2018 akan moncer berkat harga yang relatif lebih murah, dan Aman (baca = irit ya honda).

Jangan di anggap serius, namanya juga ngobrol NGACO…

Iklan

Tentang ki Salim

Bocah ingusan yang pengen ngeblog
Pos ini dipublikasikan di Dunia R2 dan tag , , , , . Tandai permalink.

Comment tidak bayar kok.. Silahkan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s