Sego Grombyang, Makanan Khas Pemalang

AromaRPM – Menjelajah sebuah kota sepertinya kurang layak jika tidak merasakan ke Khas an kota tersebut. Dari sekian banyak yang dijadikan ciri khas salah satunya adalah Makanan. Banyak sekali kota-kota besar di Indonesia yang menjadikan Olahan Penggoyang Lidah sebagai salah satu Icon kota tersebut. Salah satunya pemalang dengan Sego Grombyang nya.

Sego Grombyang yang artinya Nasi Goyang atau Nasi Bergoyang. Dinamakan begitu karena awal mula nya karena jumlah Nasi dan Kuah nya sangat jauh berbeda. Dimana jumlah kuahnya sangat banyak, sehingga nasi beserta isi yang lainnya pun bergoyang-goyang ketika di hendak di sajikan. Sego Grombyang sendiri adalah olahan makanan yang berisi Nasi, Kecambah, Daun Bawang dan Daging Kerbau. Namun dari masa ke masa banyak yang memakai daging sapi sebagai pengganti daging kerbau yang semakin menurun jumlahnya. Bertempat di Rumah Makan H.Warso yang beralamat di Jl. RE Martadinata Pemalang, saya mencicipi untuk pertama kalinya Sego Grombyang ini.

Pertama kali masuk di lidah, Sego Grombyang saya rasa masih saudara dengan Rawon. Namun sedikit lebih manis dan kuahnya juga tidak sehitam rawon. Didalam kuahnya ada sedikit parutan-parutan kelapa (serundreng) yang basah. Jumlahnya sedikit namun memberikan cita rasa yang berbeda dari masakan lain, seperti kasap ketika di lidah. Textur dagingnya pun empuk, pemotongan daging yang sesuai dengan arah serat nya membuat daging mudah sekali di kunyah. Biasanya Sego Grombyang juga di sajikan bersama dengan Sate Sapi/Kerbau yang di aduk dengan serundeng basah.

Dinikmati selagi hangat, dicampuri sedikit sambal yang agak pedas akan menambah cita  rasa nya. Tidak perlu lagi menambahkan kecap karena Sego Grombyang menurut saya sudah manis. Overall masakan ini C.D.L …. Coooooocookk Dengan Lidaaahh saya…

nb : untuk harganya mohon maaf saya tidak bisa mencantumkan nya, silahkan coba dan nikmati
Iklan

Tentang ki Salim

Bocah ingusan yang pengen ngeblog
Pos ini dipublikasikan di Kuliner dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Sego Grombyang, Makanan Khas Pemalang

  1. awansan berkata:

    hargane pinten om ?

Comment tidak bayar kok.. Silahkan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s