Tips Memilih Motor Bekas #TnT

AromaRPM – Selamat berjumpa kembali dulur-dulur semua. Langsung saja, kali ini akan berbagi tips mengecek motor saat membeli motor bekas atau Second. Membeli motor second tidak semudah membeli motor yang masih baru dari delaer resmi. Karena motor yang hendak mau di beli pernah di pakai orang dan kita tidak tau apa saja yang sudah pernah di ganti dan bagaimana pemilik pertama nya merawat motor tersebut. Oke monggo di simak lur…

Pertama Cek Gir dan Rantai

Foto pinjam dari bro mitra di blognyamitra.wp.com

Jika kendaraan masih baru pasti di gir belakang ada tanda spidol di baut pengunci gir. Dan juga ada lempengan penahan baut supaya tidak lepas yang di pasang secara rapi. Hubungannya?? Jadi gini lur, jika motor belum pernah ganti gir kemungkinan besar motor itu jarang keluar (padukan juga dengan km di speedo) bisa di bilang usia pakainya muda (lihat juga cakramnya untuk menyimpulkan). Namun juga jika motor rantai motor sudah pernah di ganti, lihat kebersihan rantai dan gir nya. Jika bersih dan terawat tidak ada kotoran yang menempel berarti motor itu terawat, bagian paling kotor aja terawat kemungkinan besar bagian lainnya juga terawat (lihat juga bagian mesin). Lanjut step berikutnya.

Bagian Mesin

Setelah melihat tingkat kekotoran di area gir dan rantai lihat juga bagian mesinnya, terutama di area Head Cylindernya karena area itu yang paling banyak ada keluhan dan menyimpan rahasia motor itu. Bagian ini sering sekali mengalami oli rembes bisa di katakan bagian ini kunci motor ini sehat atau tidak. Selain itu cek juga bagian lain seperti Girbox apakah ada lecet atau semacamnya kalo sampai ada lecet yang lumayan dalam siap-siap ganti pilihan motor nya.

Cakram

Cakram ada korelasi dengan rantai dan gir, bisa di lihat dari cakram tergerus atau tidak menandakan kalo motor itu sudah berjalan jauh atau belum dan perilaku berkendara pemiliknya.

Baut di sekitar T, Shock dan Baut di sekitarnya

Bagian ini yang paling saya rasa penting sekali, lihat baik-baik baut area stir. Baik di area Segitiga atas (jika motor batangan), Baut area T Bawah, Baut Komstir (jika terlihat), dan area-area disekitar roda depan dan body depan dan As Shock. Karena apa, hanya di sinilah motor akan terlihat apakah motor ini pernah mengalami tabrakan apa belum, jika belum pasti baut-baut nya masih original dan tidak ada tanda-tanda di lepas. Kalau pun ada bekas pernah di buka di area Shock (bagian T dan Segitiga atas) cek as Shock nya apakah di sekedar diturunkan atau memang pernah di buka karena service baik press atau ganti oli shock. Cek bagian komstir apakah pernah di buka juga atau tidak, jika pernah pasti ada bekas kunci yang lumayan berbekas (cek komstir hanya pendukungm, jika motor batangan gampang melihatnya jika bebek dan metic susah), lihat sekeliling roda dean, belakang roda jika pernah mengalami tabrakan hebat pasti berbekas pada besi-besi di belakang roda, terkadang blog mesin juga terkena goresan.

Kesimpulan, kebanyakan orang mengecek kendaraan second dari suara mesin, jika di rasa mesin halus dianggap bagus. Percayalah, memperbaiki mesin jauuuh lebih mudah dari pada memperbaiki kenyamanan motor itu sendiri. Nyari motor bermesin bagus jauh lebih mudah dari pada cari motor yang bebas dari insiden kecelakaan atahpun jatuh.

Membeli motor second lebih hemat dan lebih minim kerugian saat dijual kembali. 

Iklan

Tentang ki Salim

Bocah ingusan yang pengen ngeblog
Pos ini dipublikasikan di Dunia R2, Tips And Tricks (TnT). Tandai permalink.

2 Balasan ke Tips Memilih Motor Bekas #TnT

  1. Mas Huda berkata:

    Baru tahu saya ternyata yang dicek malah bagian yang itu

  2. awansan berkata:

    jangan lupa dipstick oli juga dicek :D, biar tahu kondisi oli
    karena kadang kadang ada penjual nakal yang ngisi mesin dengan oli super kental, biar suara halus, jangan ragu minta garansi mesin .

    velg juga dicek, peang apa tidak hehehe

Comment tidak bayar kok.. Silahkan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s