Keindahan dan Pesona Danau 3 Warna Kelimutu, Nusa Tenggara Timur

AromaRPM – Selamat gini hari luurr…. 1 bulan yang lalu alhamdulillah saya berkesempatan mencicipi pesona dan keindahan Indonesia Timur. Salah satunya yaitu keindahan Danau 3 warna Kelimutu yang berada di kab Ende, Nusa Tenggara Timur.

Untuk mencapainya kita bisa melalui Kab Ende ataupun Kab Maumere. Kebetulan saya melalui Kab Maumere. Meski jarak yang tidak begitu jauh dari Maumere, namun sungguh perjalanan dari Maumere – Kelimutu sangat-sangat memberi pengalaman lebih untuk saya, Yaaapss… jika di Sumatera ada kelok 9, di sini kami menyebutnya “kelok 900”. Jarak antara Pusat Kota Maumere menuju ke Kawasan Taman Nasional Kelimutu kurang lebih cuma 110 Km. Tidak begitu jauh jika kita hidup dijawa dengan jalan yang datar, namun sangat berkesan jika berada di NTT. Karena jalan antara dua tempat tersebut banyak di dominasi pegunungan dan juga tikungan-tikungan yang aduhai. Andai saja menggunakan Motor… bisa miring2 sepuasnya… Ahhh gitu juga baiikk…

Perjalanan dapat di tempuh dari Maumere terus ke Selatan melewati Nita, Paga dan terus menuju ke arah Pemo, Kelimutu, Ende. Jika memakai kendaraan roda 4 waktu normal yang di tempuh berkisar 3 – 4 Jam perjalanan. Namun berbeda jika anda mengajak Sopir Lokal yang sudah menguasai medan menuju Kelimutu dan menggunakan mesin yang prima anda bisa menempuhnya hanya dengan 2 jam perjalanan, seperti yang saya alami mengajak sopir lokal benar-benar memberikan sensai lebih, selain lincah dan hafal luar dalam rute juga menguras adrenalin, sebab rata-rata meraka lincah dalam melibas tikungan demi tikungan, 60 km/jam saat melibas tikungan tajam… byuuuhhh berdiri bulu kuduk saya… sekitar 2 jam 30 menit kami sampai di Kelimutu dengan menggunakan Mesin Diesel 2.2 Liter 4×4 with Turbo Charge. Untuk melihat rute silahkan lihat di maps anda, Maumere – Kelimutu, tidak percaya perjalanan akan memakan waktu 3 – 4 jam silahkan datang langsung ke sana. Disini saya harus mengakui kehandalan Sopir Lokal.

Setiba di halaman parkir, mungkin sekitar 1 km harus berjalan naik gunung, sepanjang perjalanan anda akan disuguhi keindahan alam kelimutu. Pohon cemara di kiri kanan, burung yang masih bebas berterbangan memberikan suasana tentram saat melihatnya. Jangan takut jika anda haus, karena di atas sudah ada penjual makanan dan minuman begitu juga tempat istirahat dan toliet sudah di sediakan dengan rapi. Tempatnya bersih dan jauh dari kata kumuh.

Danau Kelimutu sendiri ialah sebauh danau yang berada di puncak gunung Kelimutu. Danau tersebut berjumlah 3 buah dan berbeda warna di setiap danaunya, saat saya kunjungi danau tersebut berwarna Hijau, Biru keputihan dan Hijau Lumut. namun ada beberapa rekan yang bilang danau tersebut pernah berwarna Merah, seperti didalam gambar uang Rp. 5000 lama.

Mengutip dari wikipedia, Kelimutu sendiri berasal dari kata “Keli” yang berarti Gunung, dan “Mutu” yang berarti Mendidih. Menurut kepercayaan rakyat sekitar warna kelimutu memiliki arti masing-masing dan memiliki kekuatan alam yang sangat dasyat. Nama ketiga danau tersebut Danau berwarna biru atau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Danau yang berwarna merah (ntah manah yang berwarna merah, semua sudah berubah warna) atau “Tiwu Ata Polo” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung. Sedangkan danau berwarna putih (ntah mana juga yang berwarna Putih) atau “Tiwu Ata Mbupu” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.

Sekedar saran, jika anda akan menikmati pemandangan yang indah, berusahalah datang pada subuh hari, karena keindahan Sunrise nya sungguh mempesona. Dan juga ketika anda sudah mendaki kawasan gunung Kelimutu, perlu di perhatikan untuk tidak memberi makan Monyet secara langsung, karena puluhan monyet akan mendatangi anda, jika memang mau memberi makan sebaiknya letakkan di bebatuan atau di tanah samping anda, kemudian tinggalkan biar monyet menghampiri nya.

di belakang adalah puncak kelimutu

Jangan bosan menjelajahi Indonesia, Indonesia Timur, 100 % Indah… Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas nya, kain tenun…

Iklan

Tentang ki Salim

Bocah ingusan yang pengen ngeblog
Pos ini dipublikasikan di Catatan dan Perjalanan dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Keindahan dan Pesona Danau 3 Warna Kelimutu, Nusa Tenggara Timur

  1. ardiantoyugo berkata:

    wew… pengen banget ke NTT belum kesampean kesampean… 🙄

  2. Budi Santoso berkata:

    dolanmu adohmen. Mantap djiwa tenan

  3. awansan berkata:

    wowww mantaaaap

  4. nbsusanto berkata:

    waaa apik.. biayanya berapa ya kira kira.. hahahaha

    • ki Salim berkata:

      tiket PP anggap saja 2.5 jt. kalo lewat maumere kudu cari rental mobil/motor berapa kurang tau. jarak masih 100 km estimasi tidak lebih 1 hari. ya siap2 uang 4 jtan kang.

Comment tidak bayar kok.. Silahkan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s