Monoshock YSS – Tambah Oli karena Bocor

AromaRPM – lebih 3 tahun yang lalu Monoshock YSS Z Series saya aplikasikan pada New Jupiter MX 2011. Menurut saya selama 2 tahun terakhir memakai produk YSS ini cukup memuaskan baik kestabilan dan usia pakainya jika di bandinkan dengan shock standar yang mana dipakai dengan kondisi dan situasi yang sama shock standar cepat sekali mengalami penurunan kinerja. Namun bukan berarti shock YSS yang saya pakai ini tanpa celah. Saat usia pakai sudah menginjak 2.5 tahun motor saya pakai dengan beban bisa di bilang overload 200 kg lebih. Dan pada akhirnya Shock Seri Z ini pun tidak dapat bertahan lagi, oli pun bocor kemana-mana ahirnya pada bulan juli tahun ini saya servis.

Setelah di servis apakah pulih kondisi shock nya? Saya jawab “YA” namun menurut saya barang yang sudah di reparasi pastilah kondisinya tetap sudah menurun dan potensi untuk rusak kembali pun sangat besar. 5 bulan berselang ternyata benar kondisi shock reparasinan ini tidak kuat untuk menjalankan tugas beratnya lagi.

Oke… sepertinya memang harus belajar paling tidak memperpanjang umur shock ini. Shockpun saya bongkar ala kadarnya. Namun proses bongkar mentog pada buka tabung yang belum tau dan tidak punya alat untuk membuka penutup tabungnya, Menurut info dari mas Iwan yang pada juli lalu memperbaiki penutup tabung ini cara buka nya di putar karena beda dengan yang lain, menurut mas iwan pada umumnya shock proses membuka tabung itu di tekan lalu di congkel pin pengunci nya namun beda dengan shock milik Produsen YSS yang satu ini. Sebenarnya justru lebih kuat yang pakai model seperti ini namun tetap sama saja jika sil yang di benamkan dalam tabung sudah rusak, oli akan tetap mengucur deras.

Oke karena memang tidak bisa membuka penutup tabung shock saat ini cukup untuk menambah dengan cara membuka baut ukuran 14 di dasar tabung, biasanya pada z series pada baut 14 itu juga ada baut L kecil di dalamnya. Baut L tersebut di gunakan untuk menyambung saluran tabung dengan tabung cadangan (luar) yang sudah di beri kompresi. Sebelum menambah oli pastikan kuras dulu oli di dalam tabung tapi ingat jangan pakai bensi karena akan memperparah kondisi sil yang terbuat dari karet. Masukan oli secukupnya pada tabung 3/4 tabung sudah cukup. Nah kali ini karena sil sudah bocor tabung saya balik. Yang dulu tabung untuk Z series berada di atas maka saya taruh di bawah dan Springs/Per tetap dalam posisi sama. Ok Lur… jangan takut merusak barangmu, jika itu membuat kamu tau lebih dari sekedar memakai.

Iklan

Tentang ki Salim

Bocah ingusan yang pengen ngeblog
Pos ini dipublikasikan di Dunia R2 dan tag , , , , . Tandai permalink.

10 Balasan ke Monoshock YSS – Tambah Oli karena Bocor

  1. dimensiontripper berkata:

    emang bawa apa aja kang kok bsa beban tiap hari 200kg :mrgreen:

  2. Ping balik: Ganti Shock New Jupiter MX 135# YSS Z Series Pensiun,Shock MX-King Naik Tahta | AromaRPM

Comment tidak bayar kok.. Silahkan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s