Lagi#Penyakit Kaliper Cakram Ketika Usia Senja.

AromaRPM – Selamat gini hari mas mbak.. Mohon maaf sebelumnya blog hampir sebulan lebih nganggur. Karena sang juru masak sedang konsentrasi di dunia nyata.

Ok mas bro, kali ini saya akan sedikit share tentang penyakit Kaliper Cakram sepeda motor. Rata-rata sepeda motor mengalami hal ini khususnya yang berada di daerah-daerah pedesaan atau bisa di katakan banyak medan off road. Kaliper tidak mau sliding atau keliper macet. Pernah juga saya ulas di artikel sebelumnya ketika penyakit serupa menghampiri Honda Supra X 125 istri saya.

Kali ini menghampiri  Kaliper Cakram Belakang MX Ijo Saya. Salah satu penyebab kaliper tidak mau sliding selain memang faktor umur, bisa juga karena kondisi kaliper tidak sehat. Maksud tidak sehat karena memang jarang sekali di rawat. Sebagai contoh kaliper cakram belakang milik MX Ijo saya, setelah 4.5 tahun berselang dari tanggal peminangngannya baru ini mengalami troble.

Kaliper Cakram Jupiter MXBisa dilihat ketika pertama di bongkar, kondisi kaliper sendiri baru pertama kali ini saya bongkar. Kondisinya bisa di lihat gambar samping. Kotoran dimana-mana jujur saya akui motor saya mungkin lebih dari 6 bulan belum terkena air dan sabun. Jadi ya bisa di katakan hampir tanpa perawatan. Oke mumpung lagi ada waktu longgar saya sempatin bongkar kaliper belakang saya yang tidak lagi fit. Pada umumnya gejala pertama ketika cakram bermasalah khususnya kaliper tidak mau sliding. Pertama kampas rem akan terkikis sebelah dan jika di dorong atau roda di putar maju atau mundur akan terasa berat/seret. Kecuali jika anda baru saja mengganti Kampas Rem anda dengan yang baru beda cerita lhoo. Nah jika memang kampas anda tidak baru mungkin saja itu Kaliper Cakram anda tidak mau sliding bisa di bilang macet tidak mau bergerak. Untuk mengatasinya mudah bisa di lepas dan di bersihkan baik body dan pinston kalipernya.

Dan yang paling penting bersihkan juga baut pen penahan Kalipernya, part itulah yang membuat kaliper tidak mau sliding. Terlihat dari gambar disamping kondisi pen sudah sangat kotor dan karatan. Bersihkan kedua pen bawah dan atas dengan cairan pembersih setelah itu pasang kembali seperti semula  jangan lupa lumasi juga pen dengan vaselin/grease jangan pakai oli. Ketika hendak memasang jangan lupa cek juga kondisi karet penutup pen tersebut, jika memang rusak/sobek ganti dengan baru karena penyebab pen tersebut tidak mau sliding adalah masuknya air atau kotoran kedalam lubang pen kaliper.

Kondisi setelah di bersihkan walau tidak bisa bersih secara maksimal namun paling tidak kotoran yang melelekat bisa hilang. Bila anda menemui kesulitan ketika mau mencabut pen yang tidak bisa lepas dari lubangnya bisa di coba cara berikut :

Setelah Kaliper dan dudukan nya di lepas dari arm, coba lepas semua pen penahan kaliper. Jika ada pen yang tidak bisa di lepas, coba pasangkan kembali keliper ke dudukannya. Pastikan baut pengikatnya sudah terpasang kuat dan coba putar-putar paksa kaliper dengan dudukannya. Lakukan berulang kali karat-karat dalam lubang pen perlahan akan rontok dan pen akan mudah di lepas.

Sekian Semoga menginspirasi…

Iklan

Tentang ki Salim

Bocah ingusan yang pengen ngeblog
Pos ini dipublikasikan di Umum dan tag , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Lagi#Penyakit Kaliper Cakram Ketika Usia Senja.

  1. Tawon berkata:

    Baut mana aja om yg dibuka? 🙄
    Tanpa lepas roda bisa kan?
    Maaf, newbie 😀
    Ditunggu artikelnya om

  2. Rizal berkata:

    Makasih kang problem solved,sangat membantu 😀

Comment tidak bayar kok.. Silahkan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s