Masalah Seputar Fullwave New Jupiter MX, Arus Kiprok Tidak Normal Part II

AromaRPM – Masih melanjutkan yang kemaren bias di cek disini, kerusakan kelistrikan pada fullwave New MX 135. Kenapa putusnya kabel kuning bisa berakibat seperti di atas dan beserta gejala yang sekiranya perlu di ketahui.

kabel kuning biang kerok

Kenapa kabel kuning berikut penjelasannya. Pada sambungan standar yang masih menganut AC/DC (NJMX 135), sistem penerangan yang masih menggunakan arus AC yang mana langsung di ambil dari spull dengan kabel kuning dan DC untuk sistem pengapiannya. Perbedaan paling mencolok terlihat dari kiproknya. Kiprok standar hanya ada 4 kabel dalam socketnya. Sedangkan jika menggunakan kiprok honda tiger akan terdapat 5 kabel dalam socketnya. 1 kabel tambahan itulah yang jadi nilai plus, kabel kuning. Kabel kuning tersebut menerima beban fungsi yang vital. Pertama-tama sebagai sambungan lampu utama, baik lampu depan, kota ataupun belakang saya jadikan satu jalur dengan kebel kuning tersebut, mengambil jalur dari kontak in. Kedua sebagai monitoring accu.

kabel baru di socket Kiprok Tiger

Cara bekerja monitoring, yaitu akan memantau kapasitas accu, jika accu dalam kondisi drop atau kosong maka arus akan dialirkan lebih besar supaya accu segera penuh namun jika accu sudah penuh sistem monitoring akan bekerja kembali dengan menghentikan arus dalam jalur pengisian tersebut.

Nahh… dalam kasus kemaren (kabel kuning putus) akan berakibat sangat besar, selain accu akan ngedrop terus ujung2nya spull akan terbakar. Kenapa bisa?? begini logikanya lur, karena kabel memang belum sepenuhnya putus, dalam artian masih menempel. Maka saat jalan dan kondisi aki penuh akan berjalan normal seperti tidak ada kendala pada pengecesaan, Namun ketika kabel dialiri listrik terus menerus di tambah kabel yang renggang akan menimbulkan panas pada kabel tersebut. Di saat tersambung kiprok akan membaca kondisi accu.

– Accu kondisi penuh maka kiprok akan berhenti mengecas karena terbaca pada kabel yang menyambung. Namun saat kabel putus kiprok akan berhenti/tidak dapat mengetahui besar arus yang akan di alirkan ke accu ataupun membaca voltase accu, parahnya voltase kiprok akan meningkat drastis hingga 18 V karena mengganggap accu dalam kondisi 0 V (tidak terbaca karena kabel putus) hal itu akan memberikan beban yang berat pada spull, dan accu yang menerima arus besar bisa over charge, dan jika tidak segera di atasi spull bisa terbakar. Dan ketika tersambung kembali Kiprok membaca accu sudah dalam keadaan penuh dan otomatis voltase akan menurun.

Gejalanya tenaga loyo karena accu akan semakin terkuras dan lampu, klakson akan redup baik sinar ataupun suaranya. Ok lurr… begitulah sedikit ulasan simple dari kasus arus kiprok yang kacau beberapa waktu yang lalu. Semoga bermanfaat…

Tunggu artikel berikutnya tentang kiprok tidak bisa mengisi accu yang mengakibatkan accu drop.

Salaammm….

Iklan

Tentang ki Salim

Bocah ingusan yang pengen ngeblog
Pos ini dipublikasikan di Umum dan tag , , , . Tandai permalink.

34 Balasan ke Masalah Seputar Fullwave New Jupiter MX, Arus Kiprok Tidak Normal Part II

  1. touringonline berkata:

    wah motornya NJMX, sama nih kayak punya saya. modif kelistrikanpun udah berjejal di motorku.
    mulai engine cut off, side stand switch, kill AHO, klakson mobil.
    tapi kelistrikan sih masih standar halfwave. soalnya masih cukup mumpuni dan gak ada masalah yg harus membutuhkan upgrade ke fullwave.
    ————————————————————–
    ini salah satu artikel modif ala saya 😀

    https://touringonline.wordpress.com/2015/11/17/bikin-side-stand-switch-di-motor-jadul/

  2. Ginanjar berkata:

    mas, itu yg putus kabel kuning dari kiprok lama yg menuju pin 2 kiprok tiger ya?

  3. hadir om plat BG dari palembang…. njmx 2012

  4. kelik berkata:

    mau nanya gan,setelah ane ganti kiproknya,mesin hidup idlle 13 volt di gas full 14,80 volt,gmn untuk cdinya gan aman gk? dan teg untuk cdi max brp?

  5. rudy berkata:

    Bang klo soket no.2 lasung digabungin ama soket no.satu gimana bang ?? Kan output kontak masuknya aki +

    • ki Salim berkata:

      Beda. Nomer 2 berfungsi sebagai monitoring. Ntar kalo jadi satu kiprok akan membaca aki dalam keadaan 0 v terus. Karena tidak ada tegangan yg di baca. Aki bisa overcharge.

    • Jaka Purnama berkata:

      kalau menurut saya memang harus digabung karena pada dasarnya memang digabung melalui kunci kontak. maka dari itu pada saat kunci kontak on maka lampu juga menyala.

    • Jaka Purnama berkata:

      setelah saya memasang sendiri milik saya secara garis besar saya menggabungkan no 1 & 2 (kiprok tiger) ini memang khusus ke aki. untuk kabel lampu utama yang berwarna kuning saya mengambilnya dari output kunci kontak kabel berwarna coklat. jadi kabel kuning tadi tidak di sambungkan ke pin nomor 2 (kiprok tiger) melainkan mengambil langsung ke output kunci kontak.

  6. kelik berkata:

    itu beban lampu senja sama lampu rem mas,sambungan di solder semua,gas full kiproknya kerasa hangat,apa yg perlu di cek lagi gan???

    • ki Salim berkata:

      Lampu rem atau lampu belakang?? lampu rem sama lampu belakang beda lho.. lampu kota cuma 5 w. Lampu Rem 21 W. coba di gas full sambil di hidupkan semua lampunya. baik lampu depan dan injak juga rem nya. biar lampu rem juga nyala. lha tinggal dilihat berapa tegangannya..

  7. kelik berkata:

    semua dah di coba gan lampunya,teg msh hampir 15v,apa kiproknya ya gan??

  8. kelik berkata:

    merk abal2 gan,tokado kayaknya…

  9. mx solo-sby berkata:

    gan mau tanya motor nyala n di gas voltase naik tapi ketika lampu dinyalakan juga malah voltase turun, apakah itu normal ??
    trus voltase saat lampu tidak menyala bisa sampai 15v lebih..

  10. ilham berkata:

    gan ane punya motor ojmx mau pake projie tapi harus fullwave dulu ya ?? mhon bantuanya.

  11. ilham berkata:

    saya baru bli projie hid gan, mau pasang sendiri, mohon pencerahanya lewat whatsupp bisa ga gan, ?

  12. munawir berkata:

    njmx ane baru rubah arus dari ac k dc trus pke lampu led
    baru d pke jlan” sebentar ko tiba” motornya gk bsa distarter
    masalahnya apa ya gan

  13. munawir berkata:

    soalnya pas ganti k dc cuma lepas pasang kabel doang supaya bisa pke lampu led
    apa ada yang harus d ganti???

  14. arisetiawan berkata:

    Gan ane mau tanya nih kan ane kmren rubah arus fullwave pake kiprok ori copotan tiger 2010 tapi pas di geber volt a naik a pelan cuma mentok di 12,8 paling tinggi gak pernah nyentuh 13 volt kalo HID di nyalain volt a langsung turn di bawah 12,4 drop dh aki gw penyakit a dmna ya om kira2

  15. Ryan berkata:

    Gan, ane brusan ganti NJMX ane k DC semua normal. Cuman indikator suhunya nyala jdi motor ane brebet gtu. Jdi ane tungguin deh smpe dingin. Stlah dingin dinyalain lgi ttap nyala dia gan. Tpi klo lmpunya di matiin sein dngan remnya jga normal aja dia. Itu knpa gaj ya.. Mhon pencerahannya gan dan solusinya apa..
    Makasih

    • ki Salim berkata:

      Wah baru kali ada ada problem gitu. Coba cek thermostat n radiatornya. Kalo masih gitu di kembaliin awal dulu aja gan. Soale belum pernah kejadian kayak gitu. Belum tau sebab akibata dan penanggulangannya.

  16. herlambang berkata:

    Pengen NJMX ku ganti dr ac ke dc,tp pie aku bingung carane ngganti kiprok ori dr tiger,trus meh nyuruh ke bengkel resmi dr yamaha,aku takut kalo mereka jg tdk bs yg aku harapkan takut nanti malah ada kesalahan dn jd kebakar deh motor aku hehhehe

Comment tidak bayar kok.. Silahkan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s