Antara Mudik,Puasa dan Panas Aspal Pantura Menjadi Arena Safety Riding

AromaRPM- Ramadhan telah tiba. Negara dengan seribu musim itulah Indonesia. Dari musim hujan, musim kemarau, musim durian, musim sekolah, musim rambutan semua ada, hingga musim mudik lebaran. Antara Mudik,Puasa dan Panas Aspal Pantura Menjadi Arena Safety Riding, sangat berkaitan. Aspal Pantura, tidak bisa dipungkiri Mudik sangat berkaitan dengan Pantura, baik itu situasi kepadatan kendaraan sampai informasi terkini selalu terupdate oleh stasiun-stasiun TV. Sebelumnya…

Definisi Safety Riding yang dikutip dari salah satu sumber mengandung pengertian adalah suatu usaha yang dilakukan dalam meminimalisir tingkat bahaya dan memaksimalkan keamanan dalam berkendara, demi menciptakan suatu kondisi, yang mana kita berada pada titik tidak membahayakan pengendara lain dan menyadari kemungkinan bahaya yang dapat terjadi di sekitar kita serta pemahaman akan pencegahan dan penanggulangannya. Semua itu bisa di rangkum dalam satu kata SEE (Search, Evaluate, Execute) Search = Cari ancaman yang ada di sekitar, Evaluate = Evaluasi dampak bahaya yang ditumbulkan oleh ancaman tersebut dan Execute = Eksekusi atau tindakan yang dapat mencegah atau meredam ancaman tersebut supaya tidak menimbulkan kerusakan yang besar.

Bisa dikatakan disaat mudik itulah semua ajian safety riding di gunakan, dari skil berkendara hingga trik mudik, dicurahkan 100% demi satu hal, yaitu pulang kekampung halaman dan bertemu dengan keluarga di kampung. Namun kebahagian itu akan sirna jika sesuatu dijalan menimpa kita, baik itu terlambat pulang karena kemacetan, sepeda motor rusak bahkan resiko terburuk menimpa pemudik (semoga kita selalu di beri keselamatan, kelancaran di jalan, amin…). Untuk mencegah semua itu ada baiknya sebelum mudik selalu periapkan perjalanan dengan matang, baik kondisi tubuh, teknik berkedara yang aman sampai kondisi onderdil kendaraan kita.

1. Melalui Jalan Titian atau Sempit

Manfaatnya untuk menjaga keseimbangan tubuh. Namun, fokus dari latihan melewati titian ini lebih pada melatih keseimbangan tubuh ketika melewati jalanan sempit. Sebagai contoh, kerap kali terlihat kalau para pemotor sering kali melintas di antara sela-sela mobil, dan banyak di antaranya yang menyenggol bodi atau spion mobil. Oleh karena itu, jika para pemotor sudah terlatih melewati jalan titian, gunanya agar saat selap selip tak menyenggol bodi atau spion mobil dan juga menyenggol pengendara sepeda motor lainnya. Disaat mudik juga kepadatan baik motor dan mobil mencapai klimaksnya, jarak antara kendaraan satu dengan yang lain juga sangat dekat.

Safety Riding

2. Teknik Pengereman

Sebelum anda melakukan perjalanan mudik alangkah baiknya cek terlebih dahulu sektor kaki-kaki kendaraan anda, terutama sektor pengeraman. Ada pepatah“Putus Cinta Tak jadi Apa, Putus Rem Matilah Kita”.. “Rem mu Nyawamu” itu benar adanya, disaat desak-desakan dan stop and go piranti Rem sangat vital, jangan sampai disaat anda go…. mulai jalan dan stop…. ternyata anda nylonong karena rem anda tidak bekerja 100%. Pelatihan pengereman sangat penting dilakukan, karena posisi mengerem yang benar idealnya adalah 60:40. Maksudnya adalah penggunaan rem depan sebanyak 60% dan rem belakang 40%. Distribusi pengereman yang benar akan menghindari terjadinya slip atau salah satu roda yang ‘membuang’ ketika sedang mengerem.

Pengereman

3. Cek Kondisi sepeda Motor

Tidak hanya kaki-kaki yang perlu di cek ulang kondisinya, tapi semua part perlu di cek ulang. Sepeda motor dikatakan dalam kondisi fit apabila mesin, rem dan lampu-lampu, termasuk lampu sein, berfungsi dengan baik. Selain itu, cek juga tekanan angin di kedua ban agar sesuai dengan yang dianjurkan, tekanan yang di anjuran bisa dilihat di linier ban luar. Gunakan dua buah kaca spion yang standart, karena spion berfungsi untuk melihat dengan jelas posisi kendaraan lainnya yang ada di belakang dan hal itu sangat menunjang sistem SEE yang sudah di utarakan di atas.

4. Persipkan Kondisi Tubuh

Tubuh juga tidak luput di persiapkan sebelum menempuh ratusan kilometer di jalanan. Selain melengkapi tubuh dengan jaket, celana panjang dan kaos tangan kondisi badan juga di perhatikan. Apalagi panas yang terik akan mempengaruhi kondisi tubuh yang pastinya lagi puasa. Dehidrasi akan sangat mungkin menyerang tubuh, maka dari itu makan sahur yang bergizi seimbang sangat dianjurkan, selain itu di lengkapi juga dengan minum minuman bervitamin dan bernutrisi seperti jus alpukat yang sangat bagus untuk tubuh. Beristirahat setiap 2 jam perjalanan atau 50 km suapaya badan tidak drop di tengah jalan.

Kondisi tubuh nyaman, berkendara pun nyaman

Begitulah beberapa tips atau penerapan safety riding pada rutinitas tahunan “Mudik” dari Carmudi Indonesia. Selain di atas ada bebepa tips lain saat melakukan perjalanan mudik, supaya perjalanan bisa lancar dan tidak ada hambatan dijalan.

a. Manajemen Route

menyiapkan rute yang akan dilalui, bisa di bantu dengan GPS. Sedikit memutar akan lebih enjoy jika anda harus stay di dalam kemacetan yang tak tau kapan akan terurai. Siapkan juga rute cadangan jika terjadi kemacetan atau suatu hal yang kita tidak bisa melalui rute pertama.

b. Jalan Berombongan

Selain banyak teman, berombongan/beregu juga akan menghindarkan anda dari bahaya seperti begal atau kendaraan lain yang ugal-ugalan. Lampu belakang yang menyala semua dan terlihat banyak secara tidak langsung memberikan informasi kepada kendaraan besar di belakang untuk berhati-hati. Namun jika beregu/rombongan di perlukan juga RC (road captain) supaya perjalanan rombongan anda tidak mengganggu pengguna jalan yang lain.

c. Bawa Tool Kit

Tool Kit sangatlah vital disaat melakukan perjalanan jauh, anda harus siap ketika kedaraan anda ada masalah dijalan.

d. Hindari Bawaan Berlebih

Jangan membawa beban di kendaraan anda secara berlebihan, gunakan box untuk membawa barang-barang anda supaya rapi dan tidak mengganggu manuver kendaraan anda. Jika kendaraan anda membawa beban berat berarti juga di perlukan pemikiran yang berat juga, anda harus lebih bersabar saat manuver. Ingat berapa batas terluar/lebar kendaraan anda.

e. Dahulukan Keselamatan Keluarga

Untuk saya pribadi keluarga adalah hal yang utama. Memberikan moda transportasi yang aman adalah wajib, keluarga di berikan tiket pulang terlebih dahulu. Sedangkan kita membawa sedikit barang kebutuhan dan enjoy melakukan perjalanan jauh tanpa ada boncenger.

Utamakan Keselatan Keluarga

itulah sedikit tips penerapan safety riding dan tips belajar safety riding saat mudik lebaran. Intinya keselamatan berkendara adalah prioritas utama dan keluarga menunggu dirumah. Banggalah menjadi pelopor keselamatan berlalulintas…

Salaamm….

Iklan

Tentang ki Salim

Bocah ingusan yang pengen ngeblog
Pos ini dipublikasikan di Umum. Tandai permalink.

3 Balasan ke Antara Mudik,Puasa dan Panas Aspal Pantura Menjadi Arena Safety Riding

  1. Bapak'e Salma berkata:

    oooooooooooooooo, ini ya yang kemarin bikin galau 😀

  2. fans boy kuda berkata:

    juozz
    izin share bang.. film Terminator Genisys http://bit.ly/1G2CKm9

Comment tidak bayar kok.. Silahkan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s