SERU!!!#Belajar Baca Rute GPS Gratisan

AromaRPM – Bagi Adventure Rider piranti/fungsi Global Positioning System (GPS) miliknya pastilah jadi barang yang sangat vital dikala membelah jalan-jalan baru yang belum pernah dia jamah. Dalam hal urgent GPS sangat membantu dikala kita tersesat sedangkan mau bertanya pada orang sekitar tidak memungkinkan.

GPS Capture

Namun hati-hati dalam membaca data/rute dari GPS, apalagi GPS gratisan seperti yang terinstal pada smartprhone(beberapa produk ada yang berbayar). Hal yang perlu di ketahui sebelum menggunakan GPS di gadget adalah :

1. GPS Buta Lalin

GPS buta lalin?? memang mas bro untuk GPS gratisan. Namun pada merk-merk GPS tertentu ada yang bisa menampilkan kejadian-kejadian di sepanjang rute yang dilewati. Namun sebagus apapun merk GPS anda tidak akan bisa membaca lalin di rute jalan pedesaaan. Kok bisa?? Bisa broo… GPS tidak bisa membaca status orang hajatan yang tendanya memakan penuh jalan desa broo….Indonesia gitu loohhh brohh… Untuk menghindari seperti itu kita mesti memutar, adakalanya harus memutar jauh dari tujuan rute kita.

2. GPS Gagal Routing

GPS gagal routing atau koneksi GPS <-> Satelit terputus. Sering kali saya jumpai dengan GPS gratisan saya. Umunya GPS tidak dapat mengupdate posisi ketika berada di lembah atau di dataran yang konturnya pegunungan yang naik turun. Di Saat itulah cara kita membaca GPS dan memperkirakan jarak menjadi tumpuan. CPS?? sangat diperlukan saat terdesak brooh..

3. GPS Terlalu Peka

Terlalu peka?? bukannya itu bagus ki?? bagus dari hongkong…. gimana kalo rute yang di sediakan seperti yang dibawah ini??

nah lho rute gini di suruh nglewati

dilewati saja, itu tantangan adventure… jiaahh bener saja saya lewati jalan itu namun tidak sepenuhnya, hanya untuk melihat kondisi jalan dan menentukan rute layak atau tidak. dan ternyata tidak! karena diujung jalannya seperti di bawah ini

Sungai oeyy

di ujung jalan ternyata sungai dan jurang. Tidak mungkin dijelajahi untuk se ekor MX.

Dari beberapa poin di atas dapat di simpulkan bahwa kita tidak bisa 100% menggantungkan rute pada GPS. Perlunya logika dalam menentukan arah. Jika rute yang di sediakan oleh GPS memutar sedangkan kita bisa memperkirakan berdasarkan penglihatan di TKP adanya rute opsional yang lain yang lebih dekat, kenapa tidak diambil??. begitu juga sebaliknya. Jika rute GPS lebih pendek dan ternyata tidak bisa kita lewati maka harus memutar.

untitled

Persimpangan jalan

dalam pict di atas, jika saya tepat di tengah persimpangan tersebut. terdapat 3 opsi jalan yang di sediakan. Jika dalam route Gps seharusnya lewat jalur merah yang atas. sedangkan jalur merah bawah tidak mungkin karena itu menuju ke tempat semula dan sedikit memutar. Seperti jalan di tengah pematang sawah. Jika tetap melewati seperti yang di berikan oleh GPS. Maka akan melewati rute yang di atas, yang ujungnya sungai dan jurang(pict atas). Mungkin di sana terdapat jembatan atau semacamnya yang bisa di lewati, namun tetap tidak layak untuk dijelajahi menggunakan kendaraan yang ada. Di situlah saya merasa sedih kita perlu logika dalam membaca rute. Memperkirakan jarak dan rute cadangan.

Maps1

Routing via GMAPS

Semisal dalam pict di atas, seharusnya sesuai dengan rute yang sudah di routing dalam GPS melewati jalan berwarna merah, tapi itu tidak mungkin di lewati karena jalannya memang tidak diperuntukan untuk kendaraan yang ada. Jalan satu-satunya adalah melewati rute cadangan yang bisa kita lihat melalui GPS tersebut dengan sedikit kita zoom out supaya jalan sekitarnya juga terlihat. Setelah tampak jalan sekitarnya tinggal pilih jalan yang mana, di atas di rute yang melingkar sebenarnya terdapat 2 jalur terdekat yang tersedia 1. ternyata untuk pejalan kaki, jalannya memang jalan setapak. 2. Jalan ditengah perkampungan dan di dalamnya ada orang hajatan.

Okee… sekedar tips dari saya jika anda menemui hal seperti diatas,

  1. Berhentilah dahulu di titik yang anda rasa agak kurang bersahabat/Bingung.
  2. Amati rute nya mengarah kemana? sungai, gunung atau semacamnya, disini logika sangat penting perlu di coba atau tidak rute tersebut.
  3. Cari dan pahami rute opsional yang ada di sekitarnya dengan GPS anda.
  4. Eksekusi tips ke dua, jika perkiraan/logika anda mengatakan tidak maka lewati rute yang sudah dalam daftar opsi anda.

Semoga bermanfaat….

salaaamm…

NB : *hanya berlaku untuk GPS gratisan yaaa……

Iklan

Tentang ki Salim

Bocah ingusan yang pengen ngeblog
Pos ini dipublikasikan di Umum. Tandai permalink.

15 Balasan ke SERU!!!#Belajar Baca Rute GPS Gratisan

  1. ochimkediri berkata:

    wahahahahaaa saya jg pernah pake gps malah di lewati jalan setapak kayak gitu 😛

  2. Apipblog berkata:

    Sering ane juga nyasar….. yang di pake apaan tuh om ? …ane pake sygic…

  3. Imamudin berkata:

    Perhatikan 2 hal ini ketika pakai GPS:
    1. Fastest Way => orientasi yang dipakai adalah WAKTU TEMPUH
    2. Shortest Way => orientasi yang dipakai adalah JARAK TEMPUH

    Fastest Way biasanya akan diprioritaskan penggunaa jalan beraspal (termasuk tol) dengan perkiraan waktu tempuh paling cepat

    Shortest Way baisanya akan diberikan semua jalan yang memungkinkan yang penting JARAK TEMPUH terdekat, mau aspal, mau gravel, off road semua dikasih, tinggal kita memfilter mana aja yg perlu kita avoid (hindari).

    Fastest Way kadang jaraknya lebih jauh, dan Shortest Way tidak mesti lebih cepat.

  4. Mas Wiro berkata:

    Nggae GPS opo iku?
    Aplikasiné opo?

  5. zeta_jf berkata:

    bah sygic mah algoritma routingnya parah
    coba nokia here
    kalo gk waze yg basenya sosmed, ada report dari user ada apa di jalan
    contohnya ada hajatan jd jalan ditutup bisa dilaporin disana

  6. k5538gl berkata:

    saya pake HERE bawaan nokiem xl, ada opsi type jalan yg ingin kita lalui. jadi kalo kita pilih hanya jalan aspal nggak akan dilewatkan jalan setapak kayak gitu. navigasinya pake suara, jadi hp cukup dikantongi dan pasang 1 headset

Comment tidak bayar kok.. Silahkan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s