Masalah Pertama Setelah Fullwave MX

AromaRPM – Setelah Fullwave MX di artikel sebelumnya, lampu memang bertambah terang drastis. Sampai-sampai saat ini saya cukup memakai bholam depan 25 W. Belum punya rencana ganti ke 35 W kembali.

Kabel peting lampu depan konslet

Kemaren setelah fullwave dipakai 2-3 hari tidak ada masalah, namun pada hari ke 4 setelah pulang kerja saya jalan dengan santai tiba-tiba lampu dekat mati. Waah saya berhenti sejenak dan memeriksa lampu masih bagus dan tidak putus ada apa gerangan?? lampu jauh coba saya nyalakan namun terangnya cuma bertahan bentar dan disusul kepulan asap dari dalam headlamph. Spontan saya matikan mesin dan saya cek sikring 10 A sudah putus.

Dorong motor sampai di kantor lagi, bongkar headlamph dan cek biang keroknya.. setelah itu cabut kabel dan coba start motor kembali. Karena takut kipok mati saya tanya kang Fauzi FnCouter untuk cek kiprok dc caranya gimana dan diberitahu beserta di dikasih solusi. Cabut sekring ketika mesin hidup. Jika motor mati berarti kiprok bermasalah. Tapi sejujurnya saya tidak tau gimana detail alur pengujian ini. Cukup laksanakan ndan.. biar hati plong..

namun sayang sekring tinggal satu-satunya gara-gara pengujian ini sekring cadangan malah rontok dan patah karena terlalu kuat mencabut. Soo… sering-sering periksa kelistrikan motor.. jangan sampai ada yang terlewatkan..

Coba peristiwa ini terjadi di tengah perjalanan jauh.. tak terbayangkan…

Salaam…

Iklan

Tentang ki Salim

Bocah ingusan yang pengen ngeblog
Pos ini dipublikasikan di Umum. Tandai permalink.

13 Balasan ke Masalah Pertama Setelah Fullwave MX

  1. deni muhyidin berkata:

    Suhu lampu hid saya KAlo lagi jaln lampunya suka mati kalo d gas kalo gas nya ane pelanin lampunya idup lagi knpa ya om itu masalahnya….kalo lagi diem mah lampunya aman aman aja…..
    Apa dari soket on off nya yang lokal atau dari apa..?tolong bantuannya.suhu

  2. Angga berkata:

    Mau tanya om, tdi mlm mx saya pas lg jalan tiba” matot lalu saya liat sikring ternyata sikring ny putus, sikring ny saya ganti yg baru. nyalain kontak lngsung d starter motor hidup tapi klo d gas motor matot lg om sikring lngsung putus lg, mohon solusi nya om

    • ki Salim berkata:

      kemungkinan ada yang konslet mas bro.. sudah dc atau masih standar? sekring nya berapa Amphere?

      • Angga berkata:

        Sudah dc om pake kiprok tiger jg, sikring ny yg 20amphere

        • ki Salim berkata:

          sudah coba ganti kiprok? coba di cek aja. motor di hidupkan, pas keadaan hidup cabut langsung sekring nya, jika motor tetap hidup berarti kiprok tidak bermasalah. tapi jika mati berarti ada masalah. cek semua sambungan2 dan cek kabel barang kali ada yang konslet.

  3. Sandy berkata:

    Permisi om want to ask ?

    Om saya sudah pasang kiprock tiger di motor saya mx lama (Pasang sendiri nekat buka mbah google buat panduan)

    1.Arus nya kok masih bocor ya om padahal sambungan kabel sudah saya cek berulang – ulang kali (Sambil liat panduan penyambungan kabel nemu di google)

    2.kiprock gampang panas seperti terbakar saat di bawa jalan kira kira 1-2 kilo an

    3.saat di kontak lampu nyala stabil fullwave (ketika di bawa jalan jalan motor masih seperti arus bocor mengikuti perputaran mesin lampu agak redup sedikit tapi nda parah tapi redup bila gas di sangat rendah)

    Saya pake kiprock tiger ori om harga sekitar 235 + socket nya

    itu knp ya om mohon di bantu…

Comment tidak bayar kok.. Silahkan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s