Sekilas Info#Fungsi Jaring Kasa Kawat Di Baut Oli

AromaRPM – Sekilas info kang mbak, di NJMX memang ada jaring kawat di dalam baut penguras oli di bawah mesin. Salah satu fungsinya yaitu menagkap gram-gram dan kotoran dalam mesin.

Jaring kasa kawat di Mio

Gram-gram yang menumpuk di dalam mesin akan larut bersama oli dan ikut berputar di dalamnya. Apalagi jika mesin yang pernah mengalami ganti piston gara-gara kehabisan oli. Sereem dah dalemannya.. gram dimana-mana. Seperti motor Mio adik saya ini. Beberapa waktu yang lalu memang pernah ganti piston namun tidak di flush, justru tetap ganti oli di jarak 2000km. Jadinya gram banyak ditemui di oli bekasnya. Ketika baut saya buka, gram hampir memenuhi setengah dari jaring kawat tersebut. Opo ora sereem??? Itu lah salah satu fungsi jaring kawat kang mbak, menangkap gram-gram yang berada dalam oli mesin.

“Ketika oli berputar gram akan ikut berputar dan masuk ke celah-celah mesin, karena sifatnya berat ada yang nyangkut dan bersarang di jaring tersebut dan setelah mesin berhenti dalam waktu yang agak lama (seperti malam hari) gram yang masih terapung apung akan turun dan masuk dalam jaring kawat tersebut secara sedikit demi sedikit. gram yang masuk dalam jaring susah untuk bisa keluar karena ada di bagian paling bawah mesin. Begitulah akan selalu berulang-ulang hingga semua gram akan keluar karena proses alami mesin, dengan di bantu dengan ganti oli (flush) lebih sering terutama pada 500 km pertama gram akan lebih cepat hilang.”

Mekanik Ganti Oli di Kalasan Jogja

Namun disayangkan ada beberapa bengkel pinggir jalan yang menganggap fitur bermanfaat ini justru menyusahkan ketika memasang kembali baut olie, seperti yang saya alami di kalasan jogja beberapa waktu yang lalu, si mekanik kesusahan saat memasang baut oli ketika mau di bantu malah g mau. So.. bagi anda yang sehat jangan coba-coba buang tu jaring kawat…

salaam….

Iklan

Tentang ki Salim

Bocah ingusan yang pengen ngeblog
Pos ini dipublikasikan di Umum. Tandai permalink.

7 Balasan ke Sekilas Info#Fungsi Jaring Kasa Kawat Di Baut Oli

Comment tidak bayar kok.. Silahkan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s