Fullwave New Jupiter MX 2011

AromaRPM – Akhirnya kesampaian juga upgrade kelistrikan New Jupiter MX 2011. Mengubah jalur kelistrikan menjadi Fullwave atau Full DC yang sebelum bisa di katakan semi DC, pembakaran/pengapian sudah DC namun untuk lampu penerangan masih AC atau mengikuti putaran  mesin. Upgrade Fullwave dapat dilakukan dengan mengganti Kiprok standar denga kiprok DC salah satunya dengan mengaplikasikan Kiprok Tiger merk Fukuyama dan tentunya sedikit ubahan di kabelnya. Dengan Fullwave, anda akan dimanjakan dengan kapasitas kelistrikan yang lebih jika hanya untuk apikasi lampu utama HID ditambah lampu lain masih cukup.

Sebelum anda mengubah kelistrikan silahkan sediakan kiprok dc, socket 6 pin dan kabel tambahan kalo bisa warnanya sesuaikan dengan kebutuhan. Jika butuh kabel coklat untuk listrik dari accu beli juga coklat dsb. Biar seragam dan memudahkan dalam pengecekan berkala.

Kiprok Tiger Merk Fukuyama

Untuk langkah pertama silahkan periksa socket 6 pin yang anda beli tadi. Biasanya socketnya menipu. Terlihat ada kabel namun tembaganya pendek sekali atau mungkin tidak ada, saran saya ganti semua kabelnya.

Untuk urutan lebih lanjut silahkan cek di bawah ini.. Karena saya juga mengikuti langkah-langkah yang di tulis oleh kang Fauzi FNCounter..

Skema DC -Pinjam Bro Fauzi FNCounter

Berikut yang perlu dipersiapkan :
  1. Kiprok/ Regulator Original Tiger (Rp. 97.500)
  2. Soket kiprok tiger (Soket 6 pin) (Rp. 10.000)
  3. Kabel listrik motor 3 meter ( Rp. 2,500/meter)
  4. Konektor kuningan secukupnya, beli saja 6 buah (membeli konektor ini adalah pilihan jika tidak menggunakan soket 6 pin) (Rp. 500/biji)
  5. Gunting
  6. Isolasi listrik (isolatip bakar)
Semua bahan sudah ada langsung kerjakan..
Berikut tahap-tahap nya :
  1. Lepas cover/body MX samping kanan dan kiri.
  2. Lepas terlebih dahulu sekring untuk menghindari korslet
  3. Cari kabel yang terhubung ke spull (3 kabel dengan warna putih, kuning, hitam -NJMX terselip di bawah karburasi-). Setelah ketemu, lepas terlebih dahulu soketnya. Dari 3 kabel hanya dua yang digunakan yaitu putih dan hitam. Jadi, lepas kabel kuning dari soket dan bungkus dengan isolasi listrik. Lepas juga kabel hitam dan sambung dengan kabel tambahan yang sudah di siapkan.
  4. Siapkan soket 6 pin untuk kiprok tiger. Lihat dahulu pin kiprok tiger terdapat 5 buah, 3 diatas dan 2 dibawah.
–  Tarik kabel dari (Pin 1), sambungkan ke kabel merah dari soket kiprok lama (pada soket kiprok lama terdapat 2 buah kabel merah, jadi gabungkan dahulu keduanya), kabel ini adalah jalur menuju kutub (+) Aki.
–  Tarik kabel dari (Pin 4), sambungkan ke kabel putih dari soket kiprok lama, kabel ini adalah jalur menuju spull berfungsi sebagai pengisian aki.
–  Tarik kabel dari (Pin 3), sambungkan ke kabel hitam dari soket kiprok lama, kabel ini berfungsi mengambil ground dari kutub (-) aki.
–  Sambung kabel hitam (poin 3) dari spull, sambungkan dengan kabel tambahan kemudian kabel tambahan tersebut sambungkan dengan kabel di (Pin 5)
–  Tarik kabel dari (Pin 2), sambungkan ke kabel coklat. Kabel coklat ini berfungsi sebagai jalur (+) dari kunci kontak.
–  Masih ada kabel tersisa dari kabel soket kiprok lama, yaitu kuning (dengan sedikit garis merah). Sambungkan kabel kuning ini ke kabel coklat dari jalur (Pin 2)
Note : Brosis bisa mengambil jalur kabel coklat ini dari kabel switch rem belakang atau bisa juga dari kabel lampu depan, cari kabel kuning dg sedikit garis merah dan sambungkan ke kabel coklat di switch rem depan atau kabel coklat pada jalur sein. Intinya kabel kuning ini berfungsi untuk menghidupkan lampu utama, dimana sebelumnya mendapatkan daya dari spull namun sekarang diganti ke jalur aki. So, singkatnya kabel kuning ini numpang ambil setrum ke kabel coklat.

Socket 3 kabel dari spul. Hitam-Putih-Kuning

Setelah langkah-langkah di atas sudah di kerjakan semua, anda tinggal mengecek kembali seperti kwalitas sambungan, sambungan akan lebih baik di sertai dengan sedikit solderan di pangkal socketnya. supaya benar-benar tersambung, karena sambungan yang kurang kencang akan menimbulkan panas dan ujung-ujungnya terbakar. Ganti juga lampu bekalang dengan lampu Led biar lebih hemat daya dan menambah listrik yang masuk ke accu. Untuk di ketahui Fullwave semua listrik dari spul masuk ke accu dan semua sumber listrik berasal dari Accu, jadi wajib accu dalam kondisi prima.

Terima kasih terkusus untuk Bro Fauzi FNCounter yang sudah memandu dari jarak jauh dan Kang Khoirul Imamudin yang memahami skema dan mengeksekusi Fullwaving MX. Lha yang punya lapak ngapain?? nglepas baut n body. Jujur saya buta untuk hal listrik ginian. Hanya sedikit tau jika sudah jadi tapi kalo suruh membuat dari awal angkat tangan. Butuh waktu untuk memahami skema..

Iklan

Tentang ki Salim

Bocah ingusan yang pengen ngeblog
Pos ini dipublikasikan di Umum dan tag , , , , . Tandai permalink.

147 Balasan ke Fullwave New Jupiter MX 2011

  1. Bapak'e Salma berkata:

    joss tenan, yen megapro koyo ngonaku ngonokae penerangane dc po ac yo kang?

  2. danisubject berkata:

    NMP dah DC . masak iya mau di Half wave 😀 . mas … tau pengapian total loss ga ? kalo tau tolong jelaskan . bingung kalo total loss berarti pengapian bergantung ma aki . akine ga kuat lagi mati dah .. iya ga ?

  3. fncounter berkata:

    Wah selamat, berhasil juga akhirnya. memang terasa ribet diawal, kalo tahu hasilnya bikin ketagihan modif kelistrikan seperti ini.

  4. dimensiontripper berkata:

    kiprok tiger nggak nyampe 100ribu? kemarin nyari kiprok tiger ori kok tembus 250ribu ya?

  5. heru berkata:

    sy juga pengen, tp pertanyaan sy, apa gak harus buka spul d bak mesin buat cabut groundnya kang? mohon infonya kang,

    • ki Salim berkata:

      Tidak perlu kang. Hampir semua bebek yamaha groundnya ambil dari aki dan body. Kemaren aku juga sempat bingung begitu tanya2 ke temen2 ternyata g perlu bongkar spul.

  6. eris berkata:

    maaf gan ane pnya mx 2010 ni… udh ikutin tutor diatas… awalnya kabel yg disepul 3 warna itu yg ane cbut 1kabel warna kuning… trus ko ane baca2 lebih teliti warna hitam juga dicabut… jadi kabel hitam yg dari sepul langsung masuk ke kiprok pin 5… tpi ko jdi overheat gitu ya? Sampe2 kunci ikutan panas… pdahal sbelumnya cuma kabel kuning yg dicabut ngk sampe segitunya… mohon bimbingannya

    • ki Salim berkata:

      kabel kuning di cabut dalam artian tidak digunakan. di isolatip jangan sampai kena ground. kabel hitam juga di cabut mas.. tapi di sambung kabel tambahan dan masuk ke kiprox tiger.

      • eris berkata:

        Iyaa sudah gan… kabel hitam disambung tambahan itu ane masukin kepin 5… kabel kuning sdh ane selotip… tpi ko ane tes mtor nyala idle skitr 10menitan kiprok lumyan pnas sampe2 kuncinya ikutan panas

        • Wahyunymous berkata:

          Kemaren punya saya juga panas soalnya buat ngecas aki temen yg bener bener drop total abis ganti air aki 😀 setelah ane gas teru ampe 10 menit tuh aki ada setrum/dayanya yg sebelumnya gak kuat ngangkat sepido…
          kalo kiprok panas memang benar 5menit motor iduppun kiprok lgsg kerasa hangat. makanya untuk kiprok mending dibaut kebody agar panasnya merata kebody 😀
          so, kalo kunci panas biasanya beban berat kalo gak ya ada yg short cba cek komponen lain …

  7. heru berkata:

    tapi kok lampu depan jadi gak awet ya kang? padahal sdh sy cek pake voltmeter sambil digeber mentok smpe 14,5volt aja, lampu senja depan belakang, speedo maupun sein gak ada masalah, cm lampu depan cepat gosong/putus, kayak kelebihan panas, mungkin harus cari lampu yg lbh tinggi mutunya ya kang, tp msh bingung lampu apa yg bagus.

  8. Grandis A N Sayyid berkata:

    gan kok accu ku jadi mati ya?
    mohon pencerahannya

  9. ilham berkata:

    Om Saya kan dah bli kiprok tiger Ori,klo Soal pemasangan kiprok nya Bebas kan kearah Mana saja soalnya kegedean Beda sma yg di Foto itu..
    makasih Om..

  10. ilham berkata:

    Oke Om makasih yaa, Oya klo ada kesalaham dlm pmasangan pengaruhnya APA ja Om..soalnya bru Mau pasang Om
    masih bingung di spull nya

    • ki Salim berkata:

      kalo MX tidak perlu buka spull. tinggal main cabut dan sambung aja di 3 kabel dari spull. kalo salah pemasangan kemungkinan mati kiproxnya dan saat memasang kalo bisa di lepas dulu sekringnya.

  11. ilham berkata:

    iya Om bru slesai NIH masangnya,ciri cirinya berhasil APA aja Om(lampu nyala tanpa hrus menyalakan mesin kan om)..

  12. ilham berkata:

    Om Saya kan Udh pasang Smua sesuai urutan tpi pas dinyalain lampu nya redup redup malah Mau mati kira kira Knpa Om?

    • ki Salim berkata:

      Salah pemasangan tuu…

      • joe.art birulangit berkata:

        kang..salim yg ganteng..semua petunjuk sudah sesuai dengan benar..,tapi waktu motor dinyalakan lampu depan masih naik turun dikit, trus waktu ngerem lampu sedikit redup. lampu depan pakai osram 35 watt.saya coba pakai led 2 sisi eh malah jebol bohlamnya..mohon petunjuknya.terimakasih

        • ki Salim berkata:

          Lampu belakang dah di ganti dgn led? Kalo pakai led masih jebol berarti ada yg salah.

          • joe.art birulangit berkata:

            ehm..sesuai petunjuk akang, saya ganti lampu belakang dengan led. hasilnya tidak ada lg redup waktu pengereman. cuma lampu depan masih naik turun dikit. info saya pake kiprok merek icida. apa masalah..? maaf kang bagus nanya melulu ni..

            • rio baskoro berkata:

              nah ini sama bang, sy jg lampu depan naik turun sedikit. sama lampu sein kalo dinyalain kaya rebutan arus gitu, ikut kedip sedikit. semua sudah saya cek ulang dan berulang2, yakin kalo jalur kabel sudah bener bang. mohon bantuannya. note: bohlam semua lampu saya.

              • kiproknya pake apa bang..saya pakai ichida, yg asli ampun..tapi klu kata kang salim pake fukuyama. apa karna kiproknya ya..jadi naik turun dikit..sama nasib kita bang..kwkwkwkw

                • Rio baskoro berkata:

                  Pake ori tiger bang, wkwkwkwk. Gpp deh, udah dijelasin sama yg pny lapakk. Insyaa Allah amaannnn. Wkwkwk nasib sama,

                  • ki Salim berkata:

                    pada dasarnya untuk full wave ada beberapa syarat yg mesti di penuhi. 1. Aki harus normal dulu. Paling ga tegangan masih di atas 11 v. 2. Beban harus di hitung secara cermat seperti mengganti bholam rem dengan led. otomatis menghemat daya sebesar 20 v. Berbeda jenis kiprok akan membuat perbedaan pada hasilnya juga. Kalo saya sendiri dah praktek dengan 2 merk kiprok fukuyama dan federal. keduanya bagus semua.

                    • Rio baskoro berkata:

                      Iya bang, pny gw bohlam semua, makanya rebutan arus ya. Aki masih normal, on tanpa beban 12,5. Ketika digeber 14,6.
                      Bohlam rem led ya, hmmm

                    • joe.art birulangit berkata:

                      nah..bener kata si akang..ternyata batrai saya yang kurang oke..habis..di kota ku cari voltmeter susah. kayak cari tuyul..kwkwkw. jadi gak pake voltmeter sampai sekarng.

  13. ilham berkata:

    Salah mananya ya Om, soalnya Saya Udh urutin sesuai urutan diatas..
    solusinya Gmna ya?
    Saya tinggal didepok Om..

    • ki Salim berkata:

      kabel kuning sudah di sambung? Kelistrikan lampu di kabel kuning. Atau kabel untuk pengecasan salah sambung. Jadi logikanya lampu redup karena, lampu masih tersambung dengan spul namun listrik sepul sudah 80 % masuk aki jadi daya untuk lampu kurang atau sambungan lampu dah benar namun sambunga pengecasan salah jadinya lampu sudah ambil lisrik dari aki namun tidak ada pengecasan kalo dibiarkan aki akan drop. Periksa juga sambungan2. Kalo perlu di solder di socket2nya.

  14. ilham berkata:

    Oke Om Saya Udah selesai masang
    tpi ada 1 lagi NIH Om Setelah 1 Hari Saya pasang lampu depan Saya ko langsung putus ya,Saya pake lampu osram 35w..APA pengaruh ya ?

  15. ilham berkata:

    Saya sudah ganti yg 25 w juga mas, tapi Sama aja ya mati juga…

  16. Ping balik: Nyala Lampu REM LED Kurang Maximal | AromaRPM

  17. willy berkata:

    Om.. ane mw tanya, kalo misalnya kelistrikan mtr bebek di rubah ke DC/Fullwave , lampu depan/blakang cpt putus gak?kalo pke bohlam standartnya,

    • ki Salim berkata:

      Enggak, Karena listrik yang masuk ke bholam sesuai dengan kemampuan bholam tersebut, karena listrik dari aki. cth : standar bholam 35 W, diganti bholam 25 W listrik yang masuk 25 W juga. Beda dengan AC standart bholam 35 W di kasih bholam 25 W maka yang masuk ke bholam tetap 35 w dan cepet putus.

  18. frans berkata:

    gan saya ngikutin tutor agan dan sukses maroon mx ane full dc tpi kenapa lampu senja mati gan udah di ganti bohlam tapi tetap mati gan.mohon pencerahannya gan

  19. Ping balik: Pasang VoltMeter Pada New Jupiter MX | AromaRPM

  20. Ping balik: Masalah Seputar Fullwave New Jupiter MX, Arus Kiprok Tidak Normal | AromaRPM

  21. aditya berkata:

    fullwave itu terpengaruh dgn tagangan aki gk sih bro kyk amvernya gtu? fullwave gtu harus amvernya gede atau gmnh gtu mohon pencerahanya bro.

  22. aditya berkata:

    fullwave itu terpengaruh dgn tagangan aki gk sih bro kyk amvernya gtu? fullwave gtu harus amvernya gede atau gmnh gtu mohon pencerahanya bro. soalnya di grup ada yg blng klo fullwave itu aki amvernya harus gede? apa benar?

  23. RD berkata:

    Klo accu nya gmn, diganti jg gk? soalnya Tiger kan pake accu yg 7 ampere

  24. Fadhil berkata:

    om, masa lampu senja mx sya gk nyala ?
    pdhl udh ane ikut.in tuh langkah2ny.. ap msh ada yg kurang ?

    mohon pencerahannya

  25. Ginanjar berkata:

    Kabel kuning dari spull berarti memang tidak di pergunakan ya mas?

  26. Ginanjar berkata:

    oh iya mas, kabel kuning merah sama coklat yg ke pin 2 d jumper gk papa kan ya?

  27. tein berkata:

    Gan knp yah udah ngikutin semua step demi step di atas tpi kok kadang lampu HID ane redup kadang jg terang, klo gas di naikin tuu lampu redup pas gasx diturunin lampux terang

  28. Rehan maulna berkata:

    Klo udah fullwave aki di lepas trus pake kick stater masih bisA nyala gk?
    mohon penceran’a

  29. Rehan maulana berkata:

    Jupi z ane dah di fullwave tp klo aki di lepas trs d kick stater msh nyala n lampu jg msh nyala ngikutin putaran
    kira” apa yg slh dlm pemasangan’a
    di penjelasan’a mas

  30. arhy berkata:

    Yang kabel merah menuju ke pin1 yang digabungkan tidak dilepas atau digabungkan sj

  31. Rehan maulana berkata:

    Klo udah d fullwave tp gk
    pake aki d engkol mtr bs nyala n lmpu jg nyala
    kira” tu udah bnr atw msh slh??
    Mhn pncerahan mas bro

    • ki Salim berkata:

      waduuuhh… mendingan pakai aki mas bro.. soalnya di DC aki berfungsi bukan hanya sebatas penampung daya saja, tapi juga sebagai beban dan pengimbang daya dari kiprok supaya kiprok tetap berfungsi dengan benar. Pada dasarnya aki berfungsi disaat tegangan dari spull 0 volt. Namun jika mesin sudah menyala maka tegangan yang paling besar lah yang dipakai. (close sirkuit). Pertanyaannya kalo memang tidak ada aki, kenapa di buat DC?

  32. Rehan maulana berkata:

    Saya cpot sbntar cma be”rapa detik
    cma pngn tau klo tnpa aki msh bs d engkol gk,,gtu mas bro…

    • ki Salim berkata:

      owwhh tetap bisa mas, g masalah. Dalam keadaan Urgent tanpa aki pun tidak masalah. Kalo mau ngecek kiprok bisa coba cabut sekring saat dalam kondisi hidup. Jika motor mati berarti kiprok ada masalah. Namun jika tetap hidup berarti masih dalam keadaan baik. Dan jangan lupa pakai Voltmeter supaya teganggan tetap terpantau.

  33. Rehan maulana berkata:

    Udah 4 bln lbh alhmdllh ga ada mslh,,,malah akinya saya tmbhin KAPBANK rakitan sndiri

  34. Rehan maulana berkata:

    Mau tnya lg ni mas bro,,
    klo dah d fullwave ukuran aki bgs’a brp vol??

    Pnya ane mtr dlm k adaan mati 13 vol,lg lngsam 14 vol,full gas 14,8 vol
    kira” sgtu bgs gk mas bro?

    • ki Salim berkata:

      Aki bagus kalo dalam keadaan mati diatas 12.4 v. Biasanya sekitar 13 dan max 13.6 v. Dan dalam keadaan charging bagus 14.2 v – 14.5 v. Dengan atau tanpa beban kisaran segitu. Jika beban banyak biasanya drop sampai 13.8 g masalah. Masih bisa ngisi. Tapi jika dibawah 12 v mendingan kurangi beban. Tapi kalo mendekati 14.8 tambahi beban. Biasanya aki cuma bertahan di 14.8 selebihnya bisa over charge.

  35. Rehan maulana berkata:

    Oh iya mas bro,,sblm ane tnya k mas bro soal ni dah nyoba gtu,
    wktu mesin nyala ane copot skriNg’a n mesin msh trus lmpu jg ane nyalain lmpu’a nyala tp ngikutn ptran mesin
    trus ane matin n nyalain lg gtu jg msn nyala n lmpu jg nyala

    Trus ane tnya k mas bro
    kira” tu dah bnr atw msh
    slh

    • ki Salim berkata:

      Saklar on lampu on g? Dalam close sirkuit kalo mesin dalam keadaan hidup n tegangan yg di hasilkan melebihi aki maka sumber listrik yg dipakai dari spull. Tapi kalo mesin mati dan semua fungsi listrik bisa hidup semua, maka sambungan benar. Semua sudah dibebankan pada aki.

  36. Rehan maulana berkata:

    Ya mas,,kntk on lmpu lngsung nyala
    itu dah bnr ya mas?

  37. Rehan maulana berkata:

    Ane barusan cek lg,,
    msn mati tnpa beban 14 v
    msn mati,lmpu nyala 13,5 v
    msn nyala tnp beban 14,8v
    msn nyala,lmpu nya 14,3 v

  38. Rehan maulana berkata:

    Ane barusan cek lg,,
    msn mati tnpa beban 14 v
    msn mati,lmpu nyala 13,5 v
    msn nyala tnp beban 14,8v
    msn nyala,lmpu nyala 14,3 v

  39. Rehan maulana berkata:

    Gmn mas bro,,
    sgtu bgs gk??

  40. Rehan maulana berkata:

    Alhmdllh,,,
    mf ya mas bro ane dah byk tanya,,ma’lum ane ngrakit’a sndiri tu jg d mlm hr tnpa d dampingi sma ahli’a,
    cma liat cra d atas
    5ksh tas smua’a mas bro,,
    sukses n sht sllu bwt mas n kluarga

  41. effendi berkata:

    Mas mau tanya, saya sudah melakukan nya semua tapi saat sekring di pasang mengeluarkan api.

  42. zee tyo berkata:

    merk fukuyama gan… padahal baru beli masa rusak

    • ki Salim berkata:

      aku juga pake fukuyama, dan dua2nya rusak. satu kena limiternya satunya monitoringnya. belum jaminan sekelas fukuyama tetap dalam kondisi bagus, sedikit konslet bisa langsung merusak semua. coba ganti kiprok yang laing dulu. kalo masih sama dipastikan sambungan ada yang short.

  43. popo berkata:

    Bro punya saya lampunya kok mati semua ketika di onkan tiba di engkol semuanya normal
    Itu apanya bermasalah kiproknya atau jalur kelistrikannya

  44. ferry ferdian berkata:

    bro saya sudah lama pake DC FULL WAVE nah yang jadi masalah nya sekring motor saya putus mulu saya ampe ganti2 terus 8 sekring…motor maju tapi lama kelamaan putus ngedadak kabel ga ada yang koslet…kira2 ini kiprok tiger nya gitu yah? ane beli kriprok tiger nya yang KW….

  45. catur dedi berkata:

    gan ini saya sudah ikutin cara yang di atas sudah bner smua lampu juga sudah nyala saat kontak di on kan, tapi kok tegangan aki nya mlah turun terus ya pas d cek pake voltmeter, mohon bantuannya gan

  46. Cucus berkata:

    Misi mas ,ane coba kabel hitam Dr spull langsung d sambung ke pin 5,kok mesin gx nyala yah,tp pas d rubah, kabel Dr pin 5 ane suntuk doang ke kabel hitam Dr spul bawah baru bisa nyala, itu benar apa tidak mas mohon pencerahannya

  47. Cucus berkata:

    Dan juga segitiga sama kunci kontak lama kelamaan Pasan knapa yah

  48. Essell berkata:

    Mas, buat mio sporty bisa ga? Mohon pencerahannya… makasih

  49. den bagus berkata:

    Mau tanya bos..klo spul mx kapasitasnya brp amphere..?
    Mksh..

  50. Jimi berkata:

    Mx Sya udh gnti pke kprok tiger, tp kok lmpu bkn ny tmbh trng mlh nmbh redup, mhon bntuan ny,

  51. iman berkata:

    kang saya punya jupiter mx th 2014
    karna lampu utamanya kurang terang saya mau ganti pke led
    brarti arusnya harus dc
    kiproknya harus d ganti apa engga?
    klo engga gmna ya?

  52. randikomara berkata:

    Gan kenapa yah setela saya lakukan hal di atas, kabel kabel dari kiprok nya kok jadi panas ?apa lagi kalau di gas, kabel cepat sekali panas nya ..

  53. iman berkata:

    kalo secara manual
    kiprok perlu d ganti?

  54. kepitingdarat berkata:

    Tutor ni bner ga sh? Apa pada ga paham mempraktekanya.jadi ragu ni.

  55. jo berkata:

    kang,mau tanya ne,,saya udah ikuti langkah2 yang di jelaskan di atas td,problemnya pas dingin kenapa saat motor langsam kisaran 14an,pas di geber bisa sampai 15,3v hampir 15,4v,,terus pas motor sudah panas banget langsam bs 15an n pas di geber malah turun naik dengan cepat tapi tidak sampai 15v voltagenya?

  56. Riki ravinda berkata:

    Masih kurang paham om.
    Kalo pake kiprok standar gimana caranya?

Comment tidak bayar kok.. Silahkan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s