Pajak 5 Tahunan Motor#Administrasi Antar Kota

AromaRPM- Sudah lama sebenarnya namun baru teringat setelah iseng-iseng back up foto dari hp. Terkadang di masyarakat ada sebagian yang masih ragu dan belum tau, bagaimana pajak 5 tahunan (ganti plat nomer) sedangkan motor ada di luar kota. Mau membawa motor ke kota asal kok sedikit ogah-ogahan karena jarak atau karena hal yang lain. Untuk mensiasati hal tersebut anda dapat melakukan dengan cara Numpang Cek Fisik di Samsat terdekat.

HSX 125 Plat G (Pekalongan Kab)

Kebetulan Oktober 2014 kemarin saya juga iseng-iseng pajak 5 tahunan dengan cara tersebut. Langkah pertama sebelum anda melakukan pajak 5 tahunan adalah melakukan Cek Fisik kendaraan anda. Anda dapat melakukan cek fisik kendaraan di samsat terdekat dengan lokasi kendaraan anda, dalam kasus ini saya lakukan cek fisik di kab Boyolali untuk kemudian saya bawa datanya ke Kab Pekalongan. Anda tinggal masuk dan langsung menuju ke loket penyerahan STNK Dan Cek Fisik.

Anda hanya perlu minta/membeli lembar cek fisik. Setelah itu lakukan cek fisik yang akan di diproses oleh petugas dan setelah selesai tinggal file nya di masukan ke bagian pengesahan cek fisik dan nantinya anda akan di kasih lembaran sebagai berikut :

Lembaran Pengesahan Cek Fisik

Setelah itu anda tinggal meluncur ke kota dimana motor anda terdaftar (saya : Pekalongan kab) dengan armada yang anda inginkan. Setelah tiba di Samsat tujuan anda hanya perlu mendaftar pajak 5 tahunan dan masuk ke ruang pengesahan dan penelitian hasil cek fisik yang dilakukan di kota sebelumnya. Setelah itu semua dilakukan anda hanya tinggal membayar Pajak Kendaraan anda dan menunggu STNK yang baru. Setelah itu tinggal menunggu proses pencetakan Plat Nomer yang baru.

Kantor Samsat Kab Pekalongan

*ke depan semoga pajak 5 tahunan dapat online/dilakukan di samsat manapun kendaran berada. Proses seperti penerbitan dan pengesahan STNK baru dan Pencetakan Plat Nomer baru bisa dilakukan di samsat terdekat..

Ok.. kang mbak.. semoga bermanfaat…

Salaaamm….

Iklan

Tentang ki Salim

Bocah ingusan yang pengen ngeblog
Pos ini dipublikasikan di Umum. Tandai permalink.

4 Balasan ke Pajak 5 Tahunan Motor#Administrasi Antar Kota

  1. java36 berkata:

    Suwun mas infonya
    Semoga kedepannya bisa bayar pajak secara online. Biar gak repot2 pulang kampung

  2. An_Syahri berkata:

    nice info kang…

  3. ochimkediri berkata:

    wah sip bisa ditiru,ternyata bisa yo..

Comment tidak bayar kok.. Silahkan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s