Kondisi YSS Z Series Setelah 1,5 Tahun

YSS Z Series

AromaRPM – Masih rangkaian cek rutin kendaraan saya sebagian di artikel kemarin. Giliran pengecekan monoshock YSS Z Series yang sudah saya pinang sejak 1,5 tahun yang lalu. Ketika penggantian shock kondisi shock ori sudah tidak layak pakai dimana sudah bongkar dan servis 2 kali dan terdapat cacat permanen di as nya. Shock Ori pun urung saya teruskan pemakaiannya dan beralih ke shock ini. Setelah 10 bulan kondisi Shocknya masih joss hanya memerlukan penyesuaian tinggkat reboundnya saja.

Baut Atas

Untuk melepas Shock belakang mx pertama-tama buka bodi belakang kiri kanan MX dengan kunci L. Dan setelah semua terbuka cari Holder atas dan bawah Shock dan buka baut nya dengan T kunci shock 14. Setelah semua lepas, bersihkan holdernya. Setelah itu cek kondisi shock. Teliti kembali barangkali ada rembesan oli yang keluar. Atau barangkali ada kerusakan di area yang lain. Setelah cek kembalikan ke posisi semula.

Holder Bawah

Ok kembali ke topik.. Setelah saya lepas dan saya cek ulang Shocknya ternyata masih dalam keadaan prima walaupun mulai menurun jika dibandingkan saat kondisi baru. Tapi cukup dengan sett ulang tingkat rebound kembali (ke tingkat lebih keras). Juga ada beberapa lecet di kulit spring nya (warna merah) karena gesekan dengan besi holder oli rem belakang. Selama 1,5 tahun ini Shock saya pakai untuk kebutuhan transportasi saya dan beberapa kali perjalanan jauh melewati, aspal pantura dan liukan Sukorejo, pegunungan (diantaranya ke dieng bareng JatengMotoblog) dan menghajar lubang sana sini. Untuk beban sendiri saya 85 kg dan terkadang juga bawa boncenger 80 kg. Jika di lihat seberapa dalam shock mengayun ke dalam, saya lihat tidak sampai mentog ke bawah hingga bersentuhan dengan karet. Semua terlihat di as shock yang sangat kontras antara bagian yang masuk kedalam tabung dan yang kena kotoran dan tidak masuk ketabung. Berbeda dengan shck ori bawaan yang ketika itu saya pakai juga dengan beban yang sama sering kali terasa shock mentog di bawah dan terkadang sampai roda menggesek kolong belakang.

Last.. setelah 1.5 tahun ini saya cukup puas dengan kinerja ini shock walaupun motor bertambah tinggi. Ok.. maaf jika terkesan subyektif karena ini memang pengalaman saya memakai produk ini..

Iklan

Tentang ki Salim

Bocah ingusan yang pengen ngeblog
Pos ini dipublikasikan di Dunia R2 dan tag . Tandai permalink.

10 Balasan ke Kondisi YSS Z Series Setelah 1,5 Tahun

  1. Ferboes berkata:

    Saya masih pake yg ori
    Setelah Dipermalukan… Gue Dipecat Tanpa Gaji dan THR – http://wp.me/p3RQvE-3qZ

  2. Imamudin berkata:

    pingin nge-YSS juga kie 😀 hehe

  3. arce berkata:

    gue pengen.. minta alamat alias ancer2.. 081252525429 sms bro

  4. Sabrina berkata:

    kira2x kalau mau beli yg ori ada panduannya kah atau di mana mungkin bisa sebagai referensi di Jakarta

  5. Ping balik: Nyesek# YSS Z Series Bocor Seketika | AromaRPM

Comment tidak bayar kok.. Silahkan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s