Tips Mendahului Dari Sisi Dalam

AromaRPM – Jasmien Claeys 25 akibat kecerobohonannya, luka berat harus ia tanggung. Jasmien Claeys, akibat kecerobohannya mobil yang dia kendarai menghatam bagian belakang truk yang berjalan pelan di pinggir jalan. Berikut Videonya

Bisa kita lihat dari video di atas bahwa kecelakaan Jasmien bermula saat usahanya menyalip truk dari sisi dalam. Dan bila kita lihat lebih detail sepertinya jasmien sempat banting stir ke kiri, namun upaya itu tidak berarti banyak, mobilnya tetap menabrak truk yang sedang beriringan dan berjalan pelan untuk kemudian belok kanan. Namun jika dilihat kembali dari caranya berpindah lajur sangat berbahaya sekali, apalagi pindah jalur ke arah dalam. Ingat, untuk melihat arus kendaraan baik di depan maupun di belakang lajur dalam, sopir harus lebih bersabar. Untuk melihat belakang melalui kaca spion saja memerlukan waktu sekian detik untuk memalingkan penglihatan ke kaca spion jauh. Apalagi depan dan posisinya di belakang kendaraan besar, paling tidak mobil harus berada satu body penuh di samping lajur kendaraan di depan. Cara mendahului dari lajur dalam memang harus extra sabar. Cermati arus di lajur dalam terlebih dahulu, dan sebisa mungkin tidak membuat tindakan tak terduga yang bisa di salah artikan oleh kendaraan dibelakang.

Berikut tipsnya..

tips2

Posisi Pertama

Lakukan dengan smooth dan nyalakan lampu sein saat merubah lajur kendaraan anda. Mskipun di kecepatan tinggi jika dilakukan dengan hati-hati akan aman. Dan jangan lupa untuk tidak membuat gerakan tak terduga supaya mobil di belakang tetap bisa menjaga jarak aman.

tips1

Posisi Dua

Bertahan di posisi ini selama kurang lebih 20 detik untuk melihat situasi lalu lintas di lajur dalam. Kurangi sedikit kecepatan supaya jarak antara kita dan kendaraan di belakang sedikit melebar dari kendaraan yang akan kita dahului (menambah space ruang di depan kita) lampu sein nyalakan. Dan atur jarak lebih dari sekedar jarak aman dengan kendaraan depan jangan terlalu dekat supaya kita bisa leluasa saat kita mencoba melihat lajur dalam dan ternyata kondisi tidak memungkinkan kita tidak panik saat banting stir.

Ok mas bro… tetap hati-hati meskipun mendahului dari lajur dalam (Indonesia : Kiri) memang bisa di lakukan dengan aman. Namun tetap berpedoman dengan himbauan dari Kepolisian “Mendahului dengan lajur kanan”.

Salaam… semoga bermanfaat…..

Iklan

Tentang ki Salim

Bocah ingusan yang pengen ngeblog
Pos ini dipublikasikan di Umum. Tandai permalink.

4 Balasan ke Tips Mendahului Dari Sisi Dalam

Comment tidak bayar kok.. Silahkan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s