Tips Mengatur Kaca Spion Motor

AromaRPM- Si B: “Mendingan pake spion yang kecil, dari pada g pake sama sekali..” Saya: “lha emang yang asli kemana?” Si B: “Malu ah norak, kayak orang berdoa” Saya: “%#^@%$#^%@^@& Jiiiaaaahhh…”

Terhenyak saya saat mendapat jawaban itu. Memang ada benarnya lebih baik ada dari pada tidak ada sama sekali. Meskipun dari segi fungsinya hampir bisa dikatakan sama saja… Kalo pun berfungsi dengan semestinya mesti kudu nginceng sambil nunduk biar pas.. bahkan pada umumnya di masyarakat spion hanyalah alat pelengkap saja. Aman dari polisi, namun fungsinya sama sekali tidak terpakai dengan maximal. Kalo saya pribadi, saya akan memanfaatkan semaximal mungkin fitur ini.

Okee… kita lupakan dengan celotehan di atas, dan sedikit tips dalam mengatur atau mensetting kaca spion motor. Tips ini saya orientasikan dari himbauan Dishub dan Korlantas Polri dimana “Sepeda motor melaju di lajur paling kiri, lajur kanan hanya untuk mendahului”. Idealnya sudut spion harus bisa mencakup semua lebar jalan

Spion kanan menangkap semua area dibelakang (geser satu lajur, lajur kiri harusnya tidak terlihat, ambil gambar di pinggir, jika saya nekat ambil sambil berkendara di tengah jalan takut di kira tidak safety…), baik dari arah kita dan arah berlawanan. Pada umumnya pembiasan kaca spion sepeda motor seperti gambar di bawah ini :

Sudut pembiasan antara Spion kiri dan kanan hampir sama. Dan menghasilkan daerah blind spot yang sama kiri kanannya. Spion kanan mencerminkan seluruh area di belakang, namun bagaimana dengan spion kiri jika kita berjalan di lajur kiri? Bisa dikatakan fungsinya cuma 50 % karena hanya mencerminkan bahu jalan dan trotoar. Dan sedikit area di belakang kita. Coba dengan tips ini :

 

Sedikit menggeser sudut spion. Spion kanan sedikit keluar dan spion kiri sedikit kedalam. Fungsinya spion kanan akan mengurangi area Blind Spot di area kanan luar tapi menambah Blind Spot di sisi kanan dalam. Namun tetap dapat melihat semua area lajur di balakang kita. Sedangkan yang kiri sedikit kedalam akan mencakup area dibelakang kita dan membuang pencerminan trotoar/bahu jalan yang terlihat, dan sisi dalam akan lebih kedalam lagi untuk sedikit menggantikan peran spion kanan dalam membiaskan area kanan dalam. Jadi jika ada kendaraan yang berada beberapa meter tepat di belakang kita yang semula tidak kelihatan oleh kedua spion, dapat terlihat melalui spion sebelah kiri. Dan lajur yang sangat ideal dengan sudut spion seperti ini adalah lajur kiri sisi kanan. Semua area dibelakang bisa terlihat.

*Maaf untuk hasil spion sisi kiri tidak dapat saya foto karena jika saya foto berarti saya tepat di tengah jalan..

*Murni tips dari saya pribadi, dan saya lebih nyaman dengan sudut seperti itu. jika ada kurannya silahkan di caci.. tapi di revisi juga mas bro…

*Hanya ideal untuk pengguna lajur kiri, jika mas bro suka di lajur kanan terus lupakan..

Salam semoga bermanfaat….

Iklan

Tentang ki Salim

Bocah ingusan yang pengen ngeblog
Pos ini dipublikasikan di Umum. Tandai permalink.

7 Balasan ke Tips Mengatur Kaca Spion Motor

  1. Mase berkata:

    lanjur kanan biasanya isinya semalap sama orang yg mau belok

  2. adhyg13 berkata:

    sip tipsnya . . . .

  3. fatur berkata:

    mas mau nanya kalo mau masang underbond tapi rem blakang masih tromol gimana ya sarannya? makasih mas 😀

  4. Sueb berkata:

    Ngga terpikir begitu cara kerja spion…terima kasih info nya gan….

Comment tidak bayar kok.. Silahkan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s