Jangan Hanya Melumasi Rantai, Bersihkan Gear Juga..

AromaRPM- Harga Rantai <indop*rt/asp*ra> berapa? Beli Pelumas Berapa? Pertanyaan yang tidak bisa saya jawab jika niatnya membandingkan besar kecilnya pengeluaran. Beli rantai 60 rb namun beli minyak rantai bisa 100 rb lebih jika setiap habis beli. Ini soal merawat bung bukan soal perbandingkan harga karena merawat itu adalah seni menurut saya.

Oke.. jika kita melumasi rantai setiap waktu atau bisa di bilang setiap kering kita lumasi. Memang akan seketika rantai kembali basah dan enak di pake jalan, tapi jika kita hanya melumasi tanpa membersihkan pastilah singkat umur pelumasan tersebut.

Gear Depan MX saya

Terlalu sering melumasi tanpa membersihkan gear depan sama saja memberikan hujan di musim kemarau, basah memang basah namun tidak meresap ke tanah. Dan umumnya bagian ini memang sering terlewatkan. Masyarakat pada umumnya jika rantai terlumasi masalah selesai, tidak. Logika nya gini, jika rantai basah pastilah lebih mudah menangkap debu, debu itu menumpuk dan terus menumpuk hinga suatu saat rantai menjadi kering kembali. Begitu kering langsung di kasih pelumas lagi. Begitu berulang hingga akhirnya debu itu menjadi kotoran yang menggumpal dan bersarang di sekitar gear depan. Jika kotoran sudah sangat banyak, di titik inilah pelumas hanya isapan jempol belaka, selain kwalitas pelumasan tidak maximal juga akan timbul suara kasar dari gear yang g bakalan hilang kalo belum di bersihkan.

Gear MX saya setelah di bersihkan

Membersihkanya pun butuh ketelatenan mengingat posisi ini paling cepat menumpuk kotoran jijik. Membersihkannya bisa dengan bensin, kalo saya pakai bensin dulu kemudian semprot pakai cairan penetrant <jangan semprot di karet as gearnya,karet cukup bersihkan dengan air> baru di siram air [artikel terkait : PE-80]. Dan untuk rantainya rendam dengan bensin dan sikat sampai bersih.

Ingat bukan soal perbandingan biaya, namun merawat. Beli mudah merawat pada ogah, latihan merawat itu seperti menejemen, soo merawat motor anggap saja sedang menejemen perusahaan itung-itung latihan..

Salam… budayakan merawat..

Iklan

Tentang ki Salim

Bocah ingusan yang pengen ngeblog
Pos ini dipublikasikan di Dunia R2. Tandai permalink.

10 Balasan ke Jangan Hanya Melumasi Rantai, Bersihkan Gear Juga..

  1. nbsusanto berkata:

    nganu.. mbukak penutup gear depane supra 125 ki ribet kang.. 😐 *ra duwe kunci lengkap ro ra menyempatkan juga jan jane :mrgreen:

  2. RIVIAL berkata:

    ane jarang malahan njmx 13 ane blom pernah di buka gear bagian depan, dan hanya ane lumasi setiap minggu nya, info yang bagus gan, ntr liburan ane bersihkan, kalau boleh tau pake kunci brapa ya gan untuk buka bagian rantai depan ?

  3. Mase berkata:

    ger depanku ratau tak cek blast

  4. Kang_Har berkata:

    Bagus lagi kalau mau nyuci rantai dilepas dulu,jadi rantai ngga ikut kena air,

  5. Tri Mulat berkata:

    terkadang tutup gir depan ini rusak, dan untuk menggantinya bisa menggunakan tutup cpu komputer yang berwana hitam terbuat dari logam, seperti https://www.youtube.com/watch?v=5lvxoS_lNOo

Comment tidak bayar kok.. Silahkan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s