Sumber Kencono, Nikungnya pun tak akan pernah ku lupa

Pengalaman sesekali dan tak mau saya ulang, naik sumber kencono dari semarang ke boyolali. 78 km namun serasa 25 km.

Beberapa tahun silam sewaktu saya dan istri masih dalam tahap LDR, dimana belum ada rencana untuk mengucapkan ijab qobul. Demi belahan jiwa saya rela setiap 1 bulan sekali naik bis dari Boyolali-Semarang cuma untuk sekedar bertemu. Saat itu NJMX memang belum di launching jadi ya boro-boro beli motor. Berangkat dari Boyolali pagi hari dan pulang malam harinya.

Siang hari terlalu lama main muter-muter kota semarang, hingga lupa waktu pulang. Jam sudah menunjukan pukul 21.00 Wib, walaupun hati saya masih tenang karena yakin P.O Safari Grup masih beroperasi sampai larut, namun ternyata hati saya tak setenang jalanan kota Semarang. Kebetulan saat itu bus akdp Solo-Semarang masih lewat jalur tengah kota semarang, saya nunggu bus di depan kampus istri saya (IKIP PGRI Semarang) Jam 21.30 dah berlalu namun belum ada juga satu bus yang lewat. Hingga jam 23.00 masih belum juga ada bus yang lewat, Safari Grup dah tidak ada, menyisakan sahabat dan Sumber Kencono. karena sahabat kondisi bus nya tidak terlalu bersahabat maka saya memilih sumber kencono sebagai teman jalan malam itu.

Tidak ada yang aneh dengan bus yang saya tumpangi malam itu, berhubung saat itu saya berdiri di dekat pintu belakang saya pun membuka obrolan kepada kondekturnya, saya tanya kenapa kok malam ini bus dari safari grup dan yang lain kok pada tidak lewat, ternyata di daerah semarang utara rute bus terhalang demo yang sampai malam, jadi bus pada milih masuk tol di kaligawe. Barulah sampai di jatingaleh ke anehan itu dimulai, dari kondektur bus yang nutup pintu tergesa-gesa sampai penumpang yang lain juga saling pandang. Beberapa detik kemudian sang sopir bertanya kepada kernet dan kondektur dimana pemberhentian terdekat (menurunkan penumpang) dan dijawabnya “Bawen” sambil teriak. Seketika itu pula gas di injak dalam dan suara raungan knalpot bak suara petir. Tanpa di suruh semua penumpang berpegangan pada benda terdekat. Setelah jalan lurus sepanjang pintu masuk tol jatingaleh dan masuk ke tikungan paraholic atau tikungan putar didalam tol. Berhubung saya berdiri di depat pintu belakang sangat terasa ban kiri belakang sampai ke angkat beberapa centimeter kemudian jatuh dengan sedikit pantulan. Seketika itu semua pada kebingungan. Saya yang berdiri cuma bisa mendekap erat tiang. Sambil sesekali ngintip ke luar jendela pintu belakang. 23.50 sudah masuk ungaran, namun kecepatan bus pun tak nampak di kurangi, maklum jalanan sudah sepi hanya tinggal bus dan truk saja. Tepat pukul 00.00 sampai di bawen. Benar-benar gila dr. Cipto sampai Bawen hanya 30 menitan.. dan perjalan mengerikan pun berulang sampai boyolali. Semarang-Boyolali kurang lebih 1 jam. Untuk ukuran bus itu sebuah kegilaan, dimana normal perjalanan berkisar 2-2.5 jam ini hanya 1 jam.

Sumber Kencono

Sebelumnya saya pernah naik dari Solo-Boyolali 20 an menit.. Gilaakk…. Sumber Kencono memang cepat, bagi para pekerja laju sangat cocok. Bisa diandalkan karena tepat waktu. Bagi saya yang cuma sekedar liburan. Menyeramkan dan cukup 2 kali saya menikmati jasa SK.

Beberapa istilah yang saya dengar dari kerabat yang kerja jadi sopir sumber kencono namun dah insyaf. LOSSS artinya siap siap nyalip dan ngeblong bentar.. LOSS Setrum artinya Ngeblong dan jangan injak rem sebelum ada kata Break.

Iklan

Tentang ki Salim

Bocah ingusan yang pengen ngeblog
Pos ini dipublikasikan di Umum. Tandai permalink.

41 Balasan ke Sumber Kencono, Nikungnya pun tak akan pernah ku lupa

  1. Sigit berkata:

    wuih.. baca sambil ngebayangin aja deg2an…

  2. Kobayogas berkata:

    Bacanya ikut deg degan, bagus wakakkakaa… gila ya trrnyata…

  3. habibel berkata:

    haha aku malah duduk manis paling depan kalo naik sk, TANTANG NYALIMU haha

  4. hulssay berkata:

    gag kebayang duduk belakang trus kelempar kedepan..pas kena kaca..huwikk..

    http://hulssay.com/2014/04/17/long-journey-to-jakarta/

  5. Achmad Sya'roni F berkata:

    kalo naek bus enak duduk di baris terdepan. coba sekali2 liat spidometernya, sensasinya lebih kerasa
    http://achmadsyaroni.wordpress.com/2014/04/17/rumor-harga-r15-terbukti-bisa-jadi-r25-beneran-lebih-murah-dari-cbr250/

  6. aku berkata:

    jenenge ae wis sumber bencono….

  7. kindimania berkata:

    bismania, hehe

    • vano berkata:

      Weheheh.. saya pernah naik yg ini sepertinya. Berangkat dr terminal solo ke sby jam 03.00 dan memang trayek dr semarangan. Ndak pake rem blass.. lampu merah disikat trotoar segitiganya kebayang ban ngangkat2 gan.. tp penumpang kebetulan banyak yg anggota dan malah support sang supir.. saya sih terus terang sudah biasa tp yg ini paling ekstrim dr semua.. sepertinya ngejar waktu karena sang sopir harus jemput pacarnya di alf* ma*t daerah caruban.. joss tenan pokoke.. jam 07.30 sdh sampai di sby.. saya lupa nomor body nya.. tp salut sama sang supir yg terlihat gaul dan masih muda.. tp punya cadangan nyawa.. peace..

  8. ochimkediri berkata:

    si kotak 12 meter ini memang selalu ngejoss dah…dah berkali2 ngrasain di jalur jombang – maospati. 😛

  9. smartfaiz berkata:

    Cocoknya jdi pembalap formula

  10. tho berkata:

    bis favoritku ki… ga ngerti nek liyane…

  11. Om Gasat! berkata:

    ini musuhnya pemotor yang single fighter. mau ga mau ngesot dibahu jalan dulu daripada kres 😈

  12. Bapak'e Salma berkata:

    mending ngalah karo bus iki, yen jek sayang nyowo

    absen dulu mas, setelah sekian lama gak blogwalking

  13. TiCtAc berkata:

    mbaca artikel plus nyiak komentar2
    mbayangin supir SK naik mobil kelas avanza atw smacamnya
    mugkn ibarat orang biasa bawa Harley disuruh pake sepeda roda 3 kali yah

  14. sayapun ingin jadi kru sumber kencono alias driver

  15. Bejo berkata:

    jadi inget masa kuliah….ngelibas trayek Umbulharjo-Bungurasih pp tengah malam bersama Sumber Kencono yang ngeri ngeri sedap cuy…wakakakak.. Pilihan wajib kalo gak dapet Akas Asri/Mila..

  16. klepon berkata:

    maklum lah mas
    klu ga biasa naek sugeng rahayu pasti smua orang jawabannya kyk gtu
    masih mending itu jaraknya camn semrang boyolali
    belum pernah ya semarang surabaya rasanya kyk gimana

    • Ir. Haji Lalu Muhammad Hamdan Sjahrul, SH. berkata:

      KALOK PENGEN NGETES SKILL SOPIRNYA JANGAN JALAN MALEM, TAPI JALAN JAM 3 SORE AJAH….

  17. arie berkata:

    bagus itu mas. buat nyingkat waktu
    cepat yang penting aman

  18. sujatmiko berkata:

    saya pernah sekitar jam 2 an malam.
    rute SBY-JOGJA jadi komentator smackdown antara SK dan MIRA

  19. aji berkata:

    q pernah naek MILA SEJAHTERA dari jember mau k jogja. pas nyampek di daerah sragen q fikir bus ini udh kenceng bngt. gk taunya dari blakang datang sumber kencono ngedim2 nyalip buuaaanntteerrrr polllll.. supir Mila geleng2 sambil ngomong Wuuueddannn tenan. memang Jet darat. hehehe.. dari situlah q seneng d sumber kencono. q putusin untuk pindah armada k SUMBER KENCONO smpk sekarang.
    salam kenal gan..

  20. agus berkata:

    salut sumber group semarangan nggak ada duanya

  21. agus berkata:

    solo semarangan tetep sumber group, nggak ada yang lain. Sugeng Rahayu CEPAT JOSSS

  22. Ping balik: misteri bis balap | bejombem

  23. onny berkata:

    sekali sk yo tetep SK suber kencono ancen yesss

  24. heri berkata:

    sumber emang oye deh

  25. Haikal berkata:

    Jadi pengin ngerasaain naik bus sk (sumber kencono)

  26. gapleyst berkata:

    SR semarang memang dikenal yg paling banter dr pada SR jurusan jogja/wonogiri/cilacap/purwokerto faktor jarak yg jauh (sby-smg via kr.jati ngawi) bila SR cilacap/purwokerto dgn sistem 2 sopir 1 pp lain halnya dgn SR semarang yg hanya dengan 1 sopir 1 pp.. membuat waktu sangat berharga bagi sopir..

    Keunikan lain dari SR semarang ialah adanya sopir langsir dr garasi(krian)-terminal bungur(sby) dan sebaliknya.. so bisa di bilang supir asli SR semarang gak pernah melihat terminal bungur(sby)..
    Misal bis dari semarang harys masuk garasi krian dan sopir di ganti sopir langsir setelah itu bis langsung ke bungurasih menurunkan penumpang lalu kembali ke garasi krian… pas bis mau start trayek sopir langsir membawa bus dri garasi krian ke terminal bungur untuk mengambil penumpang lalu langsung menuju garasi untuk ganti sopir asli..

  27. budi berkata:

    salam kenal bro, minggu kemaren naek dari semarang surabaya cmn 6 jam-an n bbra x ‘kres’

Comment tidak bayar kok.. Silahkan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s