Sambel Lethok, menu sarapan yang pas di Boyolali

Jika anda sedang jalan-jalan di Boyolali dan belum merasakan masakan khas pagi hari yang satu ini, berarti anda belum beruntung datang ke kota susu. Yaa… Sambel Lethok, walaupun namanya sambal tapi pada dasarnya bukan lah sambal. Karena pada sayur sambel lethok cabe nya tidak di tumbuk selayaknya membuat sambal. Ciri khas masakan ini ialah untuk kuahnya memakai santan yang di campur dengan tempe busuk. Yaa tempe busuk.. tapi bukan yang di bungkus plastik melainkan di bungkus dengan daun jati. Jadi walaupun busuk kalo di masak tetap layak konsumsi. Cukup mudah membuatnya masukan tahu dan rempah-rempah dalam panci dan rebus sampai semua bumbunya bersatu, tunggu airnya sampai berkurang dan masukan santan dan rebus kembali sampai matang.

Sambel lethok khas Boyolali

Sambel lethok khas Boyolali

Sebenarnya Sambel lethok sudah beredar ke daerah sekitar, mungkin sering pada dengar yang namanya Tumpang. Ya itulah nama lain dari sambel lethok : tumpang. Tapi seiring makin menjamurnya sayur tumpang, sejauh itu pula rasanya berubah, sayur tumpang di solo dan boyolali sudah sangat jauh berbeda. Jika anda penasaran dengan sayur Sambel Lethok, mari, datang ke Boyolali dan nikmati cita rasa masakan khas boyolali.

Jika anda sering ke boyolali dan sekedar ingin merasakan sambel lethok, kalo siang hari anda akan susah menemui penjualnya. Sejatinya sambel lethok adalah masakan pendamping bubur, yang di sajikan pas di kala pagi hari, atau lebih pas nya masakan untuk sarapan. Tapi pada malam hari anda juga bisa mendapatkannya yaitu di jalan pandanaran boyolali, tepatnya di depan Pkpn Boyolali atau samping Perpustakaan kota. Namun rasanya sudah cenderung ke arah masakan tumpang modern. Jika anda ingin rasa yang asli monggo… di jalan garuda dekat pasar sunggingan ada, waktu jualanya pun cuma beberapa jam. Dari jam 5 – 9 pagi.

Sambel Lethok lebih nikmat jika di temani karak atau tempe goreng.. dan kasih sedikit sayuran dalam bahasa jawa gudang dari daun adas dan bayam. Jiaann pas Boyolaline…

Salam… Kuliner….

Iklan

Tentang ki Salim

Bocah ingusan yang pengen ngeblog
Pos ini dipublikasikan di Kuliner. Tandai permalink.

12 Balasan ke Sambel Lethok, menu sarapan yang pas di Boyolali

  1. aripitstop berkata:

    Ksngen sayur lethok

  2. Sigit berkata:

    wah, ini salah satu makanan yg ane hindari… :mrgreen:

  3. mariodevan berkata:

    waduh bokap orang boyolali, tapi gak tau makanan ini hehehe, yang ane paling suka itu gulenya, masih pake kayu bakar masaknya uenak… hahaha

    http://mariodevan.com/2014/04/10/adu-performa-ninja-rr-mono-vs-new-ninja-250r/

Comment tidak bayar kok.. Silahkan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s