Ratno dan dek Bas.. begitulah mereka…

Sekedar share dari pada tidak ada posting sama sekali,, ya kalo di bilang menggelikan ya cukup, di bilang membosankan ya monggo. Bermula saat saya kecil-kecilan membangun rumah untuk keluarga kecil saya. Kebetulan saya meminta sejumlah tetangga untuk menjadi tukang bangunannya. Sebut saja mawar Kang Ratno dan Kang Basuki. Mereka berdua adalah dua orang dari beberapa tukang bangunan yang saya perkerjakan.

Kang Basuki (kiri) dan Kang Ratno (kanan)

Kang Basuki (kiri) dan Kang Ratno (kanan)

Dimana mereka berdua sudah seperti pinang di belah celurit,, istilahnya dimana ada Kang Ratno di situ ada kang Basuki. Maklum selain mereka tetangga mereka juga satu grup dalam bekerja di proyek bangunan. Bahkan sampai mencari rumput saja mereka selalu bersama.

Singkat cerita suatu siang mereka selesai mencari rumput di pematang sawah belakang rumah kan Basuki, namun karena antara sawah dan rumah terpisahkan oleh bendungan sebuah sungai yang cukup lebar, kang ratno harus mengendarai sepeda motor memutar menuju jembatan sekitar 100 m ke arah barat, sedangkan kang basuki tinggal memikul rumput sambil berjalan di pematang sawah. Namanya sejoli,, ketika kang basuki sampai di rumah dan rumputnya sudah di turunkan, dan melihat kang ratno masih di pinggir sungai sedang nglepus merokok,, kang basuki pun berjalan sambil bergegas untuk menemani kang ratno udut sambil becanda sebentar,,

Basuki(B) : No,, ngopo durung mulih??? nunggu kali piye(No, belum pulang kenapa? nunggu sungai apa?

Ratno(R) : wes kene adus adus disek ngunu.. karo udut disek.. ( dah kesini saja mandi-mandi dulu sekalian rokok an bentar.

basuki pun menyalakan rokoknya dan ngobrol sana sini berdua.. basuki pun menyadari ada yang lain dengan baju kang ratno yang basah kuyup..

B : no opo kowe mau adus kungkum ngunu piye?? kok klambimu klebes kabeh.. (no kamu tadi mandi nya berendam ya?? kok bajumu basah semua)

R : iyoo to ben seger og,, yen ngene iki lak udut kan penak.. (iya to biar seger kok, kalo dah gini kan merokok kan jadi enak)

Basuki pun menganguk saja dan melihat ke arah sungai yang banyak bececeran rumput yang mengapung dan terbawa arus…

B : Leehhh kui suket kok di ecer-ecer yoo ra butuh suket po wonge.. No lha pit mu ndi?? (jiah rumput kok di buan-buang g butuh rumput apa. no lha motor mu mana?)

kang ratno tidak menjawab dan hanya mengangkat bahu nya.. dan kang basuki pun bertanya-tanya sendiri sambil lihat seklilingnya barangkali motor kang ratno terparkir di sebuah tempat. Dan ketika melihat ke dalam sungai terlihaat….

B : No,, koyo pit mu to no… (no kok seperti motor to no) sambil menunjuk ke dalam air..

R : Mangsamu pite sopo meneh to bas?? keceblung kali kii lho… (lha kamu kira motor sapa lagi to bas?? kecebur ke kali ni lho..) sambil meneruskan udut dan tertawa kecil..

basuki pun baru menyadari dan tertawa terpingkal-pingkal ternyata sepeninggalnya tadi sahabatnya itu saat mau berangkat roda belakangnya selip dan masuk ke sungai bersama yang punya dan rumputnya… mereka pun tertawa dan meneruskan udut nya.. selang berapa lama mereka bahu membahu mendorong motor ke atas sungai lagi.. dan demi sahabatnya itu kang basuki rela membantu mencari rumput untuk di bawa pulang kang ratno…

Saya sedikit heran dengan dua tetangga saya ini, walaupun mereka bicaranya terkadang bentak-bentakan tapi setiap pulang, kang ratno membawa rumput di belakang motornya dan kang basuki duduk di atas rumput yang di bawa kang ratno…

IMG_20140329_151515

Motor kang Ratno Suzuki RC th 80an..

Berdua sama siph

Berdua sama siph

Dan anehnya setelah motor nya sudah di atas.. motor tersebut mesinnya nyala saat dinyalakan.. opo ora josss… padahal sudah tenggelam di air.. dan sampai sekarang motornya masih bisa buat mencari rumput berdua…

TKP

TKP

Iklan

Tentang ki Salim

Bocah ingusan yang pengen ngeblog
Pos ini dipublikasikan di Umum. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Ratno dan dek Bas.. begitulah mereka…

  1. yudha depp berkata:

    sahabat dalam suka dan suka, saya juga punya temen sekaligus sahabat seperti itu. Ya cuma tempat yg berbeda dan kesibukan yang membuat ngumpul bareng lg. Istri kami sampai heran ini pertemanan enggak habis-habis, mulai dari smp sampai sekarang, ibarat kata sudah sehati. Cari teman paling gampang tapi cari sahabat itu yang sulit
    http://yudha79.wordpress.com/2014/03/29/yamaha-r15-30-jutaan-itu-preeeeeeet-namanya/

Comment tidak bayar kok.. Silahkan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s