Beberapa milimeter untuk Kenyamanan Berkendara

Bagi Motor yang pernah di pakai kecelakaan wajib hukumnya untuk cek rangka, kemudi dan kaki2. Kalo ada masalah pres rangka dan kemudi menjadi solusinya. Kalo ngga pres rangka dan kemudi depan ya siap2 kenyamanan berkendara anda akan terganggu oleh motor yang jalan miring atau bahasa kerennya Sender. Masih akibat dari kecelakaan beberapa bulan yang lalu dimana Fork depan dan T bengkok. Membuat saya berpikir untuk cepet2 melego si Siph tapi niat itu di urungkan karena memang belum ada tambahan untuk meminang motor 20 jutaan alibi padahal kredit belum lunas.

NJMX 2011

NJMX 2011

Pasca crash, sempat saya pres rangka, garpu dan T nya. Namun memang tidak sepenuhnya pulih. Handling jadi liar dan banting kanan kiri tak menentu. Apalagi pas ngerem bisa miring kanan kiri tak menentu. Setelah konsultasi pada mekanik kepercayaan saya. Ada 2 pilihan Jual berapapun harganya atau di perbaiki sampai enak kembali. Mikir selama 1 sebulan dan saya putuskan untuk memperbaiki dulu masalah jual nunggu waktu… si Siph pun kembali masuk ke ruang perawatan dan di pijat lagi kaki depannya.. dan masalah Fork, T sekalian Velg teratasi. Setelah di pakai selama 2 bulan dan di rasa2 ternyata stang dengan ban miring beberapa mm. Walau cuma miring beberapa mm tapi saat di kendarai sangat terasa. Terutama saat mengerem depan, motor bisa limbung ke kiri <karena stang miring ke kanan> menurut saya itu terjadi karena adanya daya dorong dari tangan. Ketika mengerem otomatis tangan akan memberikan daya dorongan sama kuat antara tangan kanan dan kiri ke stang. Karena stang dan roda tidak center motor jadi ngebuang ke kiri.

Bongkar bagian depan

Bongkar bagian depan

Kemaren saya cek ulang bagian kemudi, sebenarnya mudah untuk memperbaiki stang yang tidak center dengan roda bahasa kerenya kenger. Cukup dengan kendorkan baut dudukan stang dan cari sudut yang pas dan kencangkan kembali. Mudah tapi butuh kesabaran. Karena setiap dapat posisi yang pas tes dulu utuk jalan. Dan itu kemaren saya lakukan berkali2, g mau 2 kali kerja. Setelah benar2 di rasa pas baru pasang body kembali.

So… bagi mas bro yang pernah crash dan merasakan limbung sana sini, coba deh cek ulang rangka, kemudi dan kaki2. Berapa mm pun yang bergeser akan membuat kita tidak nyaman saat mengendarai dan mengurangi HARMONISISASI berkendara…

salam…

Iklan

Tentang ki Salim

Bocah ingusan yang pengen ngeblog
Pos ini dipublikasikan di Dunia R2. Tandai permalink.

46 Balasan ke Beberapa milimeter untuk Kenyamanan Berkendara

  1. Mase berkata:

    sudah enak lagi mas….

  2. yakhs berkata:

    pernah 2 kali highside .
    Belum pernah cek rangka , press fork doang .
    Sekarang 80km/jam berasa pengen rontok .

    Walau begitu, ga pernah kepikiran buat dijual .
    Historynya ga akan kebayar dengan uang 16juta sekalipun . T_T

    • ki Salim berkata:

      kalo tidak ada niatan untuk dijual mendingan di perbaiki aja mas bro… bisa buat kenang2an dan di pakai harian enak lagi..

    • kadalaspal berkata:

      hahaha dulu sy jg pernah gitu bro bertahan karena nilai historis walopun gak nyaman. akhirnya nekat jual. rasa kehilangan hanya bertahan beberapa minggu saja
      kecuali itu motor kolektor item itu harus dipertahanin sampe harga selangit. kalo motor biasa mah besok juga lupa

      #pengalaman pribadi

  3. stevant berkata:

    Di beberapa tempat terima cek rangka motor sampai “normal” kembali, tapi tidak mungkin 100% sama sebelum bengkok. Kalau mau 100% sama beli rangka baru dari pabrik + rubah nomer rangka di surat-surat. Rangka lama di scrap.

  4. setia1heri berkata:

    ijin nyimak saja 😀

  5. Mas Sayur berkata:

    butuh kepekaan dan ketelatenan…. 🙂

  6. rroossyyiidd berkata:

    NJMX ku baru hari kamis kemaren kecelakaan, shock depan bengkok satu, semoga rangka dalemannya gk kenapa napa. Belum sempet di perbaiki juga karena belum sembuh nih kaki, hiksss..

  7. DEDI berkata:

    klo saya prnah alamin sprti mas bro.. batangan yg buat komstir itu miring .. krna jatuhnya ke kanan jdi miring bnturannya ke kiri.. saya sdang indent rangka harganya 661 rbuan dan indent nomer rangka yg sama.. untuk njmx seigitiga sbnrnya kuat jika tidak prnah nabrak .. klo cma jatuh kanan kiri segitiga masih kuat.. cma klo da nabrak bsa parah.. tpi yg njmx saya pnya itu rangkanya miring di bagian komstir da dpress 2 kalie ttp saja miring kmbali. ywdah saya indent frame saja cma frame yg lama di ambil buat di musnahkan agar tdak trjadi duplikat nntinya.. klo segitiga klo boleh jjr kmren sdah press 1 kali akibat trakhir tabrakan parah total press body rangka segitiga – velg

  8. DEDI berkata:

    sya prhatikan bagian stang antara body dan stang agak renggang.. coba di ukur dgn jari dan jempol di sela kiri dan kanan dbagian stang yg dkt komstir itu jka ada yg renggang jauh dan ada yg sdikit ngejepit itu tandanya batangan di komstir pengok itu dpress ttp gk bsa balik mau gk mau indent rangka kyk saya deh

    • ki Salim berkata:

      Udah di cek total kemaren mas.. masalah tidak pada rangka. tapi mang pada besi dudukan body dan body itu sendiri. Dudukan patah sebelah dan body melengkung. Sudah tak test dengan body di cpot semua dan tidak masalah. Inden body total habis berapa bro?

  9. DEDI berkata:

    total + biaya pemasangan sktaran 661 dgn rangka yg sama + pasang …. rangka yg lama di berikan yamaha untuk pnghancuran agr tdak trjadi doble duplikat.. ada opsi kedua sbnrnya rangka beli 661 dan ongkos pasang sktaran 300 rbu krna nnti dbagian belakang dudukan nomer rangka di potong kmudian di las ke rnagka yg baru. or 661 + pasang tpi rangka lama di balikkin untuk d leburkan .. saya wktu itu kena tilang di cegat polisi mas. tpi saya ngotot ttp mo jalan dgn nada awas jgn halangin saya ehh itu polisi menekan bagian depan dgn sangat kencang shingga trjadi gap saya ama polisi akibat itu motor yg kena tekanan badan polisi tsb yg menahan dri depan mmbuat bagian batangan di komstir agak miring shingga dudukan seigitiga mnjadi miring.. itu krna sya mncoba muter disaat lampu sdah merah. mmang salah saya jga tpi stdaknya gk di tilang

  10. Elzy Rezzy berkata:

    mas .. mw nanya nich ..kbtulan masalah pada NJMX sya jg sma sprti mas broo …. cma bedanya segitiga & stang setirnya bengkok bukan karena tabrakan atw jatuh… mungkin hanya karena nabrak polisi tdur saja, mungin ada yg minjem n ga bertanggung jawab….. setelah di press segitiga nya alhamdllah sprtinya sdah lurus kembali ….. setelah di pasang ternyata setirnya masih sedikit bengkok…. nah apakan ni setirnya yang bermasal / segitiga nya yang harus diganti, trs gmn cara mengecek kira2 bag mana yg msh rusak….. klw di ganti kira2 segitiga+T stang brpa ya…?

  11. dimasarif96 berkata:

    mas kalo ketinggian handle stang kanan kiri ga sejajar itu kenapa ya? -_-

  12. fari fairis berkata:

    mas.. aku takon sithik donk..
    q beli NJMX seken 2012, masih 7000km, blom pernah jatoh, beneran masih mulus..
    keanehannya kalo aku rem belakang, ban belakang serasa belok ke kiri..
    wis aku cek smuanya, swing arm, ban, monoshock, posisi sumbu as ban, sepertinya smua lurus dan normal2 aja..
    mnurut mas, kira2 yg brmasalah yg mana yak..?
    rencana mau aku ganti shock yss, tapi khawatir ntar sama aja..

  13. Rizqi Faisal berkata:

    om kasus ane sama nih, agak miring ke kanan beberapa milimeter / derajat, jadi ga center sama stangnya. padahal itu motor baru 10 hari ane beli, dan pake nya jarang karena stnk ga ada.. kenapa bisa ga center gitu ya? kira-kira apanya yang bermasalah…?

    • ki Salim berkata:

      biasanya saat pengiriman mas, kalo miringnya cuma kiri kanan bisa di stel ulang komstir nya, beberapa kasus miring di stang soalnya di ikat saat pengiriman lha itu yang bikin susah perbaikannya.

  14. dadang berkata:

    Malam.,saya pnya motor tua Astrea Grand th.’93 saat dikendarai stang motor gak center gitu. Pdhal saya perhatiin gak ada yg salah. Ban+stang sama2 lurus.,tapi knpa stang sperti miring ke kiri? Kalo masalah komstir.,gak mungkin. Gejala yg paling umum kalo maslah komstir pas dipakai jalan pengen belok kiri.,tapi stang malah ke kanan. Oh iya.,balik lagi nieh mas ke masalah sya,itu kira2 knapa ya?! Pas dibawa jalan stang rada miring ke kiri.,hehehhee…makasih ya.

  15. deva berkata:

    thanks gan infonya sangat bermanfaat, abis terjadi insiden juga ni stang gak center sama roda. heheh wajib di coba

  16. Zald berkata:

    Setuju banget om sama artikelnya, mau nambahin dikit deh berdasarkan pengalaman saya walau saya bukan rider si Jupi but sharing is caring. kejadiannya sih nih motor saya juga di rem limbung kanan kiri parah, yang udah saya lakuin mulai dari press fork, press body, ganti velg, ganti swingarm juga (korban bengkel resmi yang rusak dikit minta ganti) tapi tetep limbung ke kanan atau ke kiri ditambah motor ngebuang parah. singkat cerita nih motor saya bongkar sendiri fork depan, segitiga komstir, roda depan sampe stang. saya tambahin oli shock depannya supaya agak keras dikit sama saya longgarin komstir kalo kekencengan atau di kencengin kalo bunyi bletak2 kalo di rem, setelah beberapa lama saya coba motor udah gak limbung plus stang udah gak oblak lagi tapi rasa ngebuang kanan kiri tetep ada, akhirnya saya menemukan akar masalahnya ya di stang/ handle bar karena benar sudah bengkok dan posisi riding kita juga akan berbeda karena miring otomatis badan motor juga akan miring saat dikendarai dan alhasil di jalan tidak rata motor bisa oleng kanan kiri. bisa dicoba bro salah satu cara saya diatas, ya mungkin tidak memperbaiki secara full tetapi totalitas kenyamanan tetap lebih mendingan dari yang sebelum2nya setelah tabrakan. sekian.

  17. jupez1 berkata:

    Wah masalah ini sama persis dgn yg sy alami. Udh habis byk buat benerin penyakit ini.
    Udh stress. Bingung apa yg prlu diganti. Ganti shock kah, ganti segitiga kah.
    Karena yg sy sdh lakukan adalah:
    – 3x ganti oli shock dpn sepasang. Trmsk gnti batang shock dan per.
    – 2x ganti komstir.
    – 4x press segitiga.
    – 1x ganti bearing as roda depan.
    – 1x ganti batang stang.
    – 1x ganti karet kupu kupu.

    Dan hingga sekarang msh terasa miring kanan.
    Pnya saya sm persis dgn apa yg di blg bro DEDI, di leher motor itu rongga kanan dan kiri beda. Ada yg kelebaran dan ada yg kesempitan.
    Ada yg ba bntu selain ganti rangka?

  18. sanjaya berkata:

    kalau stang dan roda tyidak senter gampang caranya rem depan kemudian tabok aja ke tiang pagar atau rodanya di hantam ke kanan atau kiri sampai lurus,saya buat seperti iyu, tapi saya masih bingung gmana cara agar motor jalan tidak miring karena bikin sakit pinggang

    • ki Salim berkata:

      itu yang saya lakukan juga tapi itu nanti lama-lama akan merusak drat komstir nya. lebih baik tetap seperti itu tapi kendorkan sedikit baut komstirnya.. lebih aman.

  19. sanjaya berkata:

    motor saya mx 135 masih setahun tapi kalau jalan di lepas tangan dia lari ke kiri alias miring, apa penyebabnya kira kira ada yang tahu? kalau sedang membonceng orang sangat terasa karena saya ngimbangin sedang orang yg saya gonceng tidak, maka pada saat itu bila saya lepas tangan di jalan yg lurus langsung ngebuang ke kiri maka akhirnya saya sakit pinggang kalau jalan jauh karena ngimbangi terus, gmana solusinya di tempat saya tidak ada pres body maklum di daerah kaltara ujung…..

  20. irvan kurnia berkata:

    permisi mas, saya mau tanya
    kebetulan pengguna mx king, stang motor seperti beda ketinggian gitu mas
    dan efeknya tangan jadi pegal sebelah

    dulu pernah dibongkar batok dan cover nya dan dilurusin secara manual dan dicek2
    waktu itu sudah enak kembali tapi akhir2 ini kambuh lagi

    solusinya apa ya mas? untuk segitiga dan komstir saya rasa masih aman karena saat lepas tangan motor terus melaju lurus tidak goyang

    dann, apa perlu ganti stang? ada mekanik yg menyarankan untuk ganti stang. tapi saya belum mengiya kan

    terima kasih

  21. iwanone berkata:

    Permisi OM” izin sharing Siapa tau ada yg punya solusi,singkat cerita saya pengguna jupiter mx lama dan dulu pernah jatuh terus segitiga bengkok,stang agak miring akhirnya saya bawa ke bengkel terus segita di press dan stang cuma ditekan aja tapi body tidak di press dan orang bengkel bilang motor sudah ok saya bawalah pulang OJMX,ternyata tidak seperti sebelum jatuh.
    Setelah beberapa bulan Sekarang motor saya kalau di rem depan,ban depan miring dan efeknya piringan cakram depan lama-lama jadi bengkok serta shock depan sebelah kiri jdi mudah bocor akhirnya saya bawa ke bengkel lagi beli segita baru dgn harga 540 rb karena segita lama sudah 2 x di press,beli piringan cakram,ganti as shock+seal nya,ganti as roda juga tapi masalah ban miring ketika di rem depan,piringan cakram bengkok,shock depan kiri bocor masih terjadi .
    Apakah ada yang punya masalah seperti old jupiter mx saya ? bila ada mohon di sharing suhu-suhu…….karena sudah saya bawa ke beberapa bengkel belum ada ada solusinya.

    Terima kasih

Comment tidak bayar kok.. Silahkan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s