Menyikapi Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok dengan Lebih Bijak #Efek Kenaikan Harga BBM

SPBU Pertamina

SPBU Pertamina

Dampak kenaikan harga BBM memang masih terasa pada harga kebutuhan pokok yang merangkak naik seiring mendekati bulan Puasa. Terang saja harga daging sapi yang semula 70 rb /kg jadi 90 rb / kg. ##yang masih hangat2nya berita harga daging mentah 10 jt/…?? Di Indonesia memang bisa dibilang harga BBM menjadi acuan harga2 lain. Bahkan Tarif laundry pakaian pun juga ikut naik. Naiknya harga kebutuhan pokok memaksa semua lapisan masyarakat berusaha untuk mendapatkan penghasilan lebih salah satunya menuntut ke perusahaan agar menaikkan gaji bulanan. Tapi bagaimana dengan perusahaan yang tidak bisa menaikan gaji karyawannya?? Memang terdengar tidak Profesional namun apa daya jika harga produk perusahaan yang di tawarkan memang tidak memungkinkan untuk dinaikan harganya, itulah hal yang memaksa perusahaan untuk menunda menaikkan gaji karyawannya. Paling tidak sampai habis lebaran.

Hal itu pun ane sikapi dengan lapang dada. Menurut ane memang perusahaan tidak memungkinkan menaikan gaji di tengah persaingan dan kelangkaan stock bahan dasar seperti ini. Oke lah pasti ada opsi lain yang bisa digunakan…

Ada sebab ada Akibat.. dari BBM kita kembalikan ke BBM. Ya BBM itulah yang ane jadikan solusi.. selama ini ane sama istri untuk menunjang kerjaan memang mengandalkan 2 unit motor untuk bekerja. Setelah ane pikir2 akan lebih irit jika cuma menggunakan 1 motor lagian tempat kerjaan juga satu arah. Biasanya Si Siph memerlukan BBM 4 liter untuk 5 hari. Jika di hitung 4×6500 = 26.000/4 hari. 30/4 = 7.5 . Dan totalnya  26.000 x 7.5 = 195.000 untuk BBM nya si Siph. dan si Item 26.000/6 hari. 26.000 x 5 = 130.000. Itu hitungan kotornya…. mungkin pada kenyataannya akan lebih dari itu. Jika memakai 1 motor otomatis akan menambah jarak tempuhnya. Dalam hal ini ane mau makai si Item, otomatis si Item jadi tambah jam terbangnya. Kemungkinan konsumsi BBM nya juga akan naik paling tidak menyentuh 50% dari konsumsi si Siph. Kasarnya bisa ngirit 97.5 rb.

Siph n si Item

Siph n si Item

Dan hal lain yang diuntungkan dengan perhitungan dan rencana seperti itu adalah perhatian.. Perhatian/perawatan pada si Item yang lebih..  Selama ini bisa dibilang ane pilih kasih si Siph lebih terpelihara dari pada si Item..

Semoga uji coba rencana seperti di atas bisa terealisasi kan pada bulan puasa ini. Sembari menyiapkan dan mengistirahatkan si Siph demi Mudik Lebaran ntar..

Ini Solusiku… gimana Solusimu???

Iklan

Tentang ki Salim

Bocah ingusan yang pengen ngeblog
Pos ini dipublikasikan di Umum. Tandai permalink.

5 Balasan ke Menyikapi Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok dengan Lebih Bijak #Efek Kenaikan Harga BBM

  1. potretbikers berkata:

    Woch, mantabbb sampai sedait itu…hehehehe

  2. husni berkata:

    Bini ane dulu percaya dengan ide ‘berhemat’, kalo ane lebih percaya cari kehidupan yg lbh baik.. Mangkanya ane sekeluarga hijrah ke negara2 yg lebih baik terhadap ‘orang biasa’ kayak ane..

  3. Mas Sayur berkata:

    mau nggak mau harus berhemat.. 🙂

Comment tidak bayar kok.. Silahkan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s