Obrolan Ringan tentang Rem BLONG#di Warung Kopi

Putus CINTA tidak jadi apa, Putus REM matilah kita

Putus CINTA tidak jadi apa, Putus REM matilah kita

Ibarat pepatah Mulut mu Harimau mu begitu juga Rem mu Nyawa mu, PUTUS Cinta Tidak jadi apa, Putus Rem Matilah Kita..

Obrolan ringan dan canda gurau yang jadi pengisi pembicaraan ane waktu pulang ke Boyolali, tiap pulang ke Boyolali pastilah walau sebentar atau mungkin bisa hingga larut malam bahkan pagi mesti ane sempatin absen dulu dengan tetangga dan teman2 di kampung. Yang sudah sedari habis mahrib mulai satu persatu menampakan batang hidungnya di warung kopi mbah Samin.

Obrolan ngalor-ngidul sudah menjadi topik sehari-hari. Dari Kasus-kasus korupsi di negara kita, Kasus carut marutnya sepakbola Indonesia hingga kasus mati nya ayam tetangga.

Seperti halnya beberapa waktu yang lalu, banyak di bahas tentang salah satu part palsu ikut menyumbang sebab dalam sebuah kecelakaan, begitu juga salah satu teman ane nyinggung soal rem motor blong dan bagaimana menyiasati supaya tidak berakhir dengan bencana. Yang namanya wong deso yo pasti lah obrolannya jadi ngaco semua… berdasarkan dari hasil konferensi warung kopi ini nih sedikit tips dari temen2 ane, walaupun ane sedikit ragu dengan keabsahan dan kebenarannya..

Tips saat menghadapi REM Blong pada kendaraan bermotor<roda 2> ala teman ane, kalo saja betul tolong katakan betul, tapi kalo salah mohon revisinya.

Pertama : Jangan panik, panik adalah faktor terbesar penentu keselamatan anda di saat dalam keadaan berbahaya. Sebenarnya hal yang mudah gara-gara panik nyawa jadi taruhan.

Kedua : Selalu lihat sekeliling anda, baik di depan atau pun di samping anda. Kalopun kendaraan anda memang harus di tabrakan tebing<seperti Pak Dahlan Iskan>sebisa mungkin meminimalisir jumlah jatuhnya korban.

Ketiga : Lepas gas atau tutup gas, dan tetap mencoba mengerem, sapa tahu keberuntungan di pihak anda. Tau-tau rem bisa nyantol kembali.

Keempat : Untuk kendaraan bersistem transmisi manual, perlambat laju kendaraan anda dengan mengurangi gigi, dari gigi saat itu turun hingga gigi 1 secara bertahap dan perlahan. Kombinasikan dengan kopling<bagi yang manual clutch> dan bagi yang tipe auto clutch di saat memindahkan gigi tetep di injak dan lepaskan secara perlahan. Ingat jika terlalu cepat melepaskan kopling/presneling roda bisa berhenti dan spin, jika anda tidak siap bisa ndlosoooorr… Untuk motor bertransmisi Otomatis (metic) Lepaskan gas dan tetap coba mengerem. Berhububung Matic tidak punya gigi, jangan kawatir anda tetap di untungkan dengan kaki yang bebas, semisal lepas gas saja tetep tidak mau berhenti, siapkan ajian terbesar anda seret kedua kaki anda di aspal hingga motor anda berhenti….ingat selalu pakai sepatu sebelum berkendara” :lol: :lol:

“Beruntunglah bagi anda yang mengendarai mobil/motor yang bersistem transmisi manual.”

Kelima : Tetap berdoa, semoga di beri keselamatkan

Itulah sebagian kecil tips yang belum jelas prosedur dan keampuhannya, Perlu di ingat teman-teman ane rata2 berpendidikan lulus sma dengan nilai pas-pas an dan lulus smp. Bukan Diploma apalagi Sarjana.

Sama2 ngobrol tapi di Pos Kamling

Sama2 ngobrol tapi di Pos Kamling

Perhatian

Mohon maaf jika memang sedikit konyol. Point ke 4 Bukan maksud untuk memojokan kendaran bertransmisi otomatis (metic),  maupun melebihkan kendaraan bertransmisi manual. Bukan soal keamanan kendaraan tersebut, ane yakin kendaraan yang di jual di pasaran semua aman, namun NASIB pengendaranya saja yang membedakan.

Hanya sekedar obrolan ringan di kala sepi di sebuah warung kopi, bukan sebuah seminar tentang keselamatan berkendara. Jika memang ada prosedur tentang menghadapi rem blong baik roda empat maupun dua, mohon di share…

Salamm…

Iklan

Tentang ki Salim

Bocah ingusan yang pengen ngeblog
Pos ini dipublikasikan di Umum. Tandai permalink.

8 Balasan ke Obrolan Ringan tentang Rem BLONG#di Warung Kopi

  1. yudha depp berkata:

    Untuk matic utamakan rem belakang duluan
    baru di susul dengan rem depan.
    http://yudhadepp.blogspot.com/2013/02/mau-ngebut-180-kpj-ini-jalannya.html?m=0

  2. paedhimas berkata:

    waduh…jadi inget remku sudah waktuunya ganti nich…tiap ngerem di tikungan ke kanan selalu tuas remnya ‘nggasruk’ aspal… 😀

  3. Ert07 berkata:

    Tetapi kalau ada musibah pasti panik gak karuan mas….

  4. An_Syahri berkata:

    obrolan ringan tapi bermutu mas…

  5. dani berkata:

    Penyebab rem motor depan Blong..Kejadian ama ane bro KEmaren…*hampir nubruk sedan ckckckck*..hati hati dengan plastik yang masuk ke piringan cakram terus masuk ke Pala babi…dijamin kosong dah tuh rem wkwkwkw…cara benerin..Bongkar pala babi, bersihin cakram dari sisa sisa plastik serta didalam ruma kepala babi bagian dalam pastikan tidak ada plastik nginep disono..kalo mau lebih ampuh bongkar pas dingin…sekian terima kasih…*hati hati dengan sampah plastik terbang*

  6. heri berkata:

    dari dulu emang gak suka matic

Comment tidak bayar kok.. Silahkan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s