Trauma Pasca Kecelakaan

Selamat gini hari mas bro n sis..

Berhubung ki salim kurang lihai dalam hal “kata sambutan” yaapsss.. langsung aja ke pokok bahasan hehehehee..
Mungkin Bro n Sis semua yang pernah mengalami kecelekaan saat bersepeda pernah juga merasakan depresi atau trauma pasca kecelakaan. Seiring luka di badan yang di derita tidak bisa kita pungkiri juga mengalamai hal ini. Bahkan ada juga yang sampai mencari obat trauma dengan refreshing atau hal2 lain yang dapat membantu meringankan derita trauma tersebut.
Ki salim sendiri juga pernah mengalami kecelakaan tahun lalu. Kecelakaan yang cuma melibatkan diri sendiri mungkin lebih mudah di obati traumanya. tapi jika kecelakaan yang kita alami melibatkan orang lain, pasti lain. Tak tangung2 ki salim pernah dengan tak sengaja menabrak penyebrang jalan 4 orang sekaligus, walaupun secara logika bukan mutlak kesalahan ki salim tapi secara hukum pengendara kendaraan bermotor lah yang salah atau lebih pas nya yang besar yang salah <itulah hukum di negara kita> cmiwww piss meeen..
Mungkin dari yang pernah ki salim alami dapat ki salim simpulkan apa saja trauma yang bisa terjadi pada orang yang pernah mengalami kecelakaan.
  • Shock
  • Tidak percaya kecelakaan tersebut terjadi pada anda.
  • Perasaan marah dan jengkel
  • Perasaan tegang dan cemas.
  • Perasaan kawatir, ketakutan, gelisah.
  • Merasa bersalah.
  • Susah tidur
Beberapa orang yang mengalami perasaan diatas mungkin ada kalanya perasaan itu semakin kuat dan ada kalanya perasaan itu hilang. Paling sering yang di alami adalah Merasa bersalah dan kawatir atau was2. Pertama mungkin gangguan pola tidur, setiap mau tidur beberapa orang merasa tiab2 mengingat detik2 saat kecelakaan itu dan ingat akan apa yang saat itu di lihat. Tapi trauma yang paling besar ki salim hadapi adalah hilangnya rasa percaya diri saat mengendarai sepeda motor. Butuh waktu hingga 6 bulan untuk memulihkan perasaan hingga bener2 yakin untuk mengendarai sepeda motor. Yang jadi masalh bagaimana sih mengobati trauma pasca kecelakaan tsb??
berikut sekedar tips dari ki salim :
  • Bicarakan dengan teman-teman dan keluarga anda selengkap-lengkapnya tentang kecelakaan yang menimpa anda dan bagaimana anda berpikir waktu Kecelakaan dan pada hari-hari setelah kecelakaan terjadi.
  • Tetap aktif. Sering melakukan aktifitas fisik atau olahraga dan berpartisipasi dalam aktifitas-aktifitas apapun yang tidak mengganggu cedera yang anda derita.
  • Cobalah untuk kembali beraktifitas dengan rutinitas keseharian anda. Kecelakaan lalu lintas membuat beberapa orang membatasi apa yang mereka lakukan. Penting sekali untuk mencoba kembali beraktifitas seperti yang biasa anda kerjakan setiap hari, bahkan jika pada awalnya anda tidak merasa atau bisa nyaman serta takut dengan apa yang anda kerjakan
  • Belajarlah untuk menjadi pengendara yang bersifat melindungi diri dan orang lain. Mungkin akan kesulitan untuk mengendarai motor kembali pasca terjadinya kecelakaan.
  • Kembali bersepeda di alam terbuka atau pegunungan sambil bersepeda bisa melihat pemandangan yang sejuk di hati bisa menenangkan hati tapi lebih baik ajak teman untuk mengiringi.
Beberapa orang mungkin akan mengalami trauma yang cukup lama tergantung dengan kesiapan mental dari orang tersebut.  Sebenarnya trauma itu akan hilang sendirinya seiring waktu. Kuncinya jangan menghindar dari kenyataan mau tidak mau kecelakaan itu telah terjadi.  Ok mas bro n sis tetap jangan lupa SAFETY RIDING.
Salam Safety Riding..
Iklan

Tentang ki Salim

Bocah ingusan yang pengen ngeblog
Pos ini dipublikasikan di Dunia R2. Tandai permalink.

Comment tidak bayar kok.. Silahkan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s