ETIKA di Jalan Raya

Yaappss bro n sis,
Beberapa hari yang lalu hampir 3 hari berturut2 KSa melihat langsung kecelakaan di jalan raya. Yang jadi pikiran KSa apa sih penyebab kecelakaan itu.. Setelah KSa pikir2 memang kecelakaan tersebut di sebabkan oleh human error. cthnya yang terbaru, seorang pengamen tertabrak sepeda motor tepat di depan mata KSa. ya spontan pada jempalikan.. yang KSa heran bukannya sang pengamen langsung berdiri dan minggir malah bentak2 sok jadi yang paling benar,, “perlu di ketahui TKP berada pas di 10 m timur lampu merah,, dan saat itu pengamen nyebrang saat lampu hijau <saat kendaraan baru mulai jalan>” kalo dah gitu coba dipikir ulang kesalahan ada di pihak mana? Bagi KSa ya mutlak kesalahan dari pengamen yang kurang hati2 dan tidak melihat tempat penyebrangan. Dah tau lampu hijau menyala bukannya nunggu lampu merah malah terus nyelonong nyebrang, padahal jika mau jalan dikit di sebelah timur sekitar 50 m ada jembatan penyebrangan. Tapi tidak dengan hukum saat ini, yang beranggapan “yang besar yang bertanggung jawab” cth nya jika ada sepeda nabrak mobil, maka mobillah yang salah dan yang harus tanggung jawab,, padahal mobil sedang berhenti. Itulah yang jadi dasar KSa untuk menulis cerita ini, yaa “ETIKA di Jalan Raya” mungkin pas buat judul postingan kali ini.

~Etika Di Jalan Raya~

Etika di jalan raya tidak hanya bagi para pengendara kendaraan bermotor saja, tapi juga pengguna jalan yang lain seperti penyebrang, tukang becak dan lain2.. mungkin sedikit Tips dari KSa tentang apa saja yang harus di lakukan seseorang ketika di jalan raya.
Bagi pengendara MOTOR
  1. Nyalakan lampu sein/riting ketika hendak berbelok.
  2. Jangan berpindah lajur secara mendadak karena kendaraan di belakang tidak tau manuver anda
  3. Jangan melewati trotoar ketika di tengah kemacetan
  4. Jangan berjalan berjajar dalam kecepatan rendah
  5. Jangan berjalan lambat di lajur kanan<lajur kanan di gunakan untuk menyalip kendaraan>
  6. Jangan mengendarai sepeda motor sambil sms atau telpn.
Bagi pengendara MOBIL
  1. Sesuaikan lajur jalan dengan kecepatan mobil jika lambat kiri kencang kanan
  2. TRUK berat pakai lajur kiri
  3. Jangan berhenti mendadak<sering terjadi>
  4. Jangan parkir di sembarang tempat.<menyebabkan kemacetan>
  5. Jangan mengemudi sambil sms atau tlpn.
  6. Bagi angkutan umum, jangan menaikan dan menurunkan penumpang di sembarang tempat dan berhenti mendadak.
Bagi pengguna jalan lain<tanpa mesin/jalan kaki>
  1. Jalan pada tempatnya,, jangan di pinggir jalan tapi di trotoar.
  2. Menyebrang di tempat penyebrangan. jika tidak ada maka berhati2 tapi dengan prosedur yang sudah ada<tengok kiri kanan. dan mencari tempat dan situasi yang di anggap aman>
  3. Untuk becak lebih baik memasang benda yang dapat memantulkan cahaya di belakang agar terlihat oleh kendaraan lain ketika malam.
~ilustrasi~
~ilustrasi~
Kenapa hal ini <memasang stiker di belakang becak> KSa masukan, kebetulan beberapa hari yang lalu sewaktu KSa pulang dari server cabang, terjadi kecelakaan antara Yamaha Vixion vs Becak. kebetulan KSa salah satu yang di jadikan saksi kejadian tsb. duduk perkaranya begini :


“….
Beberapa hari yang lalu ketika KSa muter2 kota dengan santai ya sekitar 30 km/jam samapai di sebuah pertigaan, mulanya KSa ingin belok tapi di depan KSa sekitar 30 m tiba2 terjadi kecelakaan becak yang di tabrak vixion dari belakang. Sontak KSa kaget dan langsung menghindar dengan naik ke trotoar karena becak terseret hampir 15 m. Waduuuh kayak’e parah tu tukang becak.. spontan KSa langsung turun bersama warga sekitar menolong tukang becak yang sudah renta membawa ke pinggir jalan. Naah saat sudah di pinggir jalan tukang becak itu bilang
“becak’e mas becak’e mas.. cepet di pinggirke”
spontan KSa menjawab “dah pak g apa2 becak’e rusak mboten nopo2 penting njenengan selamet”
“ora mas.. becak’e bukak’en cepet mas,, gek dadi opo wong iki ngko,, “
“KSa sempat bingung ada apa sih di becak’e itu.. “
bareng di bukak waalaaahahh jabang bayii 2 ibu2 segede gajah bengkak tengkurap pingsan tak berdaya. ya dah langsung dipinggirkan dan di sadarkan.
setelah semua dah sadar dan berada di pinggir jalan barulah olah TKP di lalukan, sepengetahuan KSa tadi pengendara vixion belok di tikungan sebelum TKP dengan kecepatan tinggi dan saat keluar dari tikungan ternyata ada becak di depan dan hal itu di perparah pengendara vixion tidak menyalakan lampu utama<cuma menyalakan lampu kota>.
“….Mungkin dengan menaruh bnda yng memantulkan cahaya sepeti skotlet bis memberi sinyal bahwa ada benda di situ. yaapss…
Itu semua KSa kelompokan berdasar apa yang terjadi di jalan, khususnya hal2 yang di lupakan oleh pengguna jalan. Semoga dengan semua pihak saling mendahulukan kecelakan yang disebabkan human error bisa dihindari.. tetap utamakan keselamatan. Barang kali bro n sis semua bisa bantu tambahinn .. monggoo.. di sahre aja..
Thx salaamm…
Iklan

Tentang ki Salim

Bocah ingusan yang pengen ngeblog
Pos ini dipublikasikan di Dunia R2. Tandai permalink.

2 Balasan ke ETIKA di Jalan Raya

  1. anton berkata:

    Setuju bro KSa, skrg semakin banyak aja yg tdk punya etika di jalan raya. Selalu merasa benar. Tmn ane pernah mengalami kejadian kaca spion di rusak oleh biker banci. Habis pecahin kaca spion mobil langsung kabur. Harus nya jadi biker sejati yg punya etika dan memberi contoh bukan jadi biker banci yg cuma berani kabur. Goodjob bro KSa yg selalu memberi teladan buat para biker.

  2. asbun berkata:

    Ngawur anda ini klo bilang hukum saat ini beranggapan yg besar yg bertanggungjawab, dpat info sesat darimana? Dlm perkara pidana berkaitan uu lalulintas & angkutan jalan, menurut hukum yg bertanggungjawab yg tidak melaksanakan kewajibannya. Apa kewajibannya dlm berlalu lintas? Baca uu no 22 tahun 2009 & semua peraturan pelaksanaannya. Tips diatas ada semua di uu itu.

Comment tidak bayar kok.. Silahkan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s