Spot Putih di Lampu Belakang NJMX, Bisa di hapus kok,,,

Yapzz,, dari sebagian NJMX yang sudah beredar di jalan raya banyak yang mengalami spot putih di lampu belakangnya. Seperti yang sudah di ulas sesepuh bloger bro iwan banaran dan bro endrik sejuta umat. Yang salah satu hasil analisa penyebab adanya spot putih itu karena gesekan antara mika dalam dan mika luar di lampu belakang tersebut. Namun ki Salim sedikit mengulas berdasarkan apa yang tadi siang ki Salim temukan.

Spot putih, Lihat anak panah

Spot putih, Lihat anak panah

Pertama, Buih itu kemungkinan besar memang merupakan hasil gesekan dari mika dalam dan luar. Karena saat Bongkar tadi siang memang ki salim menemukan sedikit bekas dari sebuah gesekan.

Sketsa lampu belakang NJMX

Sketsa lampu belakang NJMX

Saat sebelum dibuka, fakta pertama lampu tidak di lem seperti lampu depan dan kancing tidak menutup secara benar atau kancing terlepas sedikit dari dudukannya. Bisa di karenakan goncangan2 saat jalan. Dan perihal tentang bagaimana terjadinya spot putih tersebut karena mika bagian dalam menyentuh mika bagian luar. Penyebab utama kenapa timbul spot putih menurut ki salim ialah kancing bagian bawah yang tidak tertutup sempurna  membuat mika bagian luar bergeser ke atas ketarik kancing bagian atas yang masih tertutup rapat di tambah kena goncangan. Perlu di ketahui ruang di antara kedua mika sendiri berjarak sekitar 2-5 mm. Saat 2 mika bersentuhan terjadilah hubungan batin diantaranya   sedikit gesekan dan menempel. Saat lampu menyala otomatis menyebabkan panas di sekeliling mika yang menempel secara terus menerus sehingga saat di dipake jalan akan timbul goncangan yang mengakibatkan adanya gesekan2 antara mika di tambah lagi dengan ventilasi yang ada di depan dan di salurkan dari mika dalam melalui celah di bawah<celah yang di gunakan untuk menyinari plat nomer> dan mendorong hawa panas langsung mengarah kebelakang dan berakhir berkumpul/berkonsenrasi di titik spot. Titik spot tidak hanya timbul karena hasil dari gesekan antara 2 mika tersebut tapi juga debu2 di dalam lampu yang terurai karena panas yang terus2an dan berkumpul di satu spot karena dorongan hawa panas dari depan. Kenapa bukan hanya buih dari hasil gesekan saja yang terkumpul di satu spot, itu berdasarkan fakta kedua, Bekas gesekan tidak seperti bekas gesekan pada umumnya yang berupa permukaan yang tergerus tapi justru mirip sebuah noda.

Demikian sedikit ulasan dari ki Salim, bagi mas bro semua yang NJMX nya ada spot putih, tenang saja tidak sendiri xixixixi ada cara menghilangkannya

  1. Buka Body dan keluarkan lampu dari tail light
  2. Buka kait/kancing di sekeliling lampu. mudah kok, cukup congkel dan lepaskan tidak di lem seperti reflektor depan. Lakukang dengan hati2 kancing mudah patah
  3. Setelah terbuka, gunakan kain untuk membersihkan kedua bagian mika, ki salim sarankan jangan di cuci pakai air. Karena jika nanti di pasang walaupun kelihatan kering saat kena panas akan terlihat adanya embun.
  4. Setelah selesai kembalikan seperti semula.

    Spot Putih sudah tidak ada

    Spot Putih sudah tidak ada

ket: Analisa sebatas pengalaman pribadi bukan melalui berbagai test terlebih dahulu. jika analisa ki Salim tidak tepat mohon revisi nya.

Salam….

Semoga bermanfaat

Tentang iklan-iklan ini

Tentang ki Salim

Bocah ingusan yang pengen ngeblog
Tulisan ini dipublikasikan di Dunia R2 dan tag . Tandai permalink.

19 Balasan ke Spot Putih di Lampu Belakang NJMX, Bisa di hapus kok,,,

  1. sejutaumat berkata:

    mantap Ki, mengko tak cubo ning MX Strada :D

  2. paedhimas berkata:

    hayo hayo yg punya yamaha lc 135 pada kumpuuul…,ada tips bagus lho.. Nice info,ki.. :D

  3. ans berkata:

    ikutan bro..
    Njmx’ku jg gt. Emg tuh penyakit bwaan orok wkt njmx lahir..
    Trs,tips biar gk timbul brcak itu lg gimana bro??

  4. An_Syahri berkata:

    Wah… ga punya motore je mas… melu moco ae ya buat tambah ilmu sapa tahu bisa di share…

    http://nzahry.wordpress.com/

  5. Si Rosyid berkata:

    wow, kabar gembira nih. thanks ya gan tipsnya, kapan2 ane aplikasiin ke NJMX ane, hehe :D

  6. dimas berkata:

    buka lampu nya harus buka cover body dulu ya mas ?
    Susah bgt waktu coba .

  7. oktatigan32 berkata:

    dari pertama beli NJMX, aq udah ngasi scotlite karna ngeliat artikel di blog2 ttg spot putih di stoplamp nya kang, berguna jga krna smpe skrg blum ada tnda2 adanya spot putih….

  8. bener kata ki salim tp tdk permanen hilangnya nanti pas dipasang tdk lama akan timbul lg spot putihny krn sy sdh cb lakukan seperti ki salim contohkan. mslhny adalah bs tdk dan gmn carany agar spot putih itu tdk timbul lg slm kita pake njmx???!

  9. harry berkata:

    melepasnya gimana mas? susah bgt
    baut mana aja yg perlu dilepas?

    • ki Salim berkata:

      buka semua baut bodi belakang dulu,, tail light tidak ada bautnya.. cuma kancing2 aja.. untuk bodi belakang saat buka pertama kali. jangan lupa bodi samping juga di lepas. karena bagian ujung depan bodi belakang di sekrup dengan bodi samping.

  10. punya ane juga udah ada spotnya,, dibersihin sama kain lembut, tp ada cara mencegah buat noda putih itu gak balik lagi, ini didapat dari blog (lupa nama blognya,)setelah mika nya dibersihin, kasih aja stiker tembus pandang(bening di mika merahnya, insyaAllah nodanya gak balig lagi, udah ane coba, alhamdulillah mpe sekarang ga keliatan lagi tuh si noda, smoga bermanfaat

Comment tidak bayar kok.. Silahkan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s